PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR PKn MELALUI METODE KOOPERATIF TIPE BIDAK PADA SISWA KELAS VII SMPN 2 NGADIROJO PACITAN

SIDIK MUDZAKIR, MUH (2015) PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR PKn MELALUI METODE KOOPERATIF TIPE BIDAK PADA SISWA KELAS VII SMPN 2 NGADIROJO PACITAN. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img]
Preview
Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (557kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (62kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (81kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (182kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (328kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (54kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran.pdf

Download (571kB) | Preview
Official URL: http://lib.umpo.ac.id

Abstract

Kata kunci: Pembelajaran Kooperatif, BIDAK, Keaktifan Belajar, Prestasi Belajar. Skripsi dengan judul “ Peningkatan keaktifan dan prestasi belajar PKn melalui metode kooperatif tipe BIDAK pada siswa kelas VII SMPN 2 Ngadirojo Pacitan” merupakan penilitian tindakan kelas yang dilakukan di kelas VII SMP Negeri 2 Ngadirojo Pacitan. Tujuannya adalah untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar dan keaktifan belajar siswa setelah menggunakan metode kooperatif tipe BIDAK pada pembelajaran PKn. Penelitian tindakan kelas dalam penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, tindakan, observasi serta refleksi untuk tindakan berikutnya. Subyek penelitian adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 2 Ngadirojo Pacitan sejumlah 31 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes.Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan prestasi belajar PKn dan keaktifan belajar siswa setelah menggunakan metode kooperatif tipe BIDAK dalam pembelajaran. Peningkatan dapat dilihat dari hasil observasi dan tes (pretes dan postes). Pada pretes siklus 1 persentase ketuntasan sebesar 16,13% setelah pelaksanaan pembelajaran dengan metode kooperatif tipe BIDAK dan dilakukan postes didapatkan 45,16% yang tuntas belajar. Skor rata-rata keaktifan siswa pada pertemuan 1 siklus 1 sebesar 1,65 dan pada pertemuan 2 meningkat menjadi 2,2. Pada pretes siklus 2 persentase ketuntasan sebesar 61,29% setelah pelaksanaan pembelajaran dengan metode kooperatif tipe BIDAK dan dilakukan postes didapatkan 80,65% yang tuntas belajar. Skor rata-rata keaktifan siswa pada pertemuan 1 siklus 2 sebesar 2,48 dan pada pertemuan 2 meningkat menjadi 2,52. Dari siklus 1 ke siklus berikutnya terjadi peningkatan nilai, baik dari hasil tes maupun observasi keaktifan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Departement of Teacher Training and Education > Department of Civic Education
Depositing User: Editor FKIP
Date Deposited: 19 Nov 2015 01:35
Last Modified: 19 Nov 2015 01:35
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/1393

Actions (login required)

View Item View Item