PENGARUH OPINI AUDIT, KUALITAS AUDITOR, DAN KOMITE AUDIT TERHADAP KETEPATAN WAKTU PELAPORAN KEUANGAN (STUDI EMPIRIS PADA PERUSAHAAN SEKTOR PERTAMBANGAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2018-2022)

Wulan, Widya Maharani Nur (2024) PENGARUH OPINI AUDIT, KUALITAS AUDITOR, DAN KOMITE AUDIT TERHADAP KETEPATAN WAKTU PELAPORAN KEUANGAN (STUDI EMPIRIS PADA PERUSAHAAN SEKTOR PERTAMBANGAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2018-2022). Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img] Text (Surat Persetujuan Unggah Karya Ilmiah)
Surat Persetujuan Unggah Karya Ilmiah.pdf

Download (103kB)
[img] Text (Halaman Depan)
Halaman Depan.pdf

Download (618kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (278kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (504kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (400kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (491kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (232kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (258kB)
[img] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh opini audit, kualitas auditor, dan komite audit terhadap ketepatan waktu pelaporan keuangan. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 75 perusahaan sektor pertambangan periode 2018-2022 yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Berdasarkan kriteria yang telah ditentukan, maka diperoleh 57 perusahaan dengan periode penelitian 5 tahun. Pengolahan data penelitian menggunakan SPSS versi 27 dengan metode analisis regresi logistik. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder yang bersumber dari laporan tahunan perusahaan yang diakses melalui website resmi IDX (www.idx.co.id) dan website masing-masing perusahaan sektor pertambangan. Hasil pengujian hipotesis pertama dalam penelitian ini menunjukkan bahwa opini audit berpengaruh terhadap ketepatan waktu pelaporan keuangan. Hal tersebut menandakan semakin tepat waktu penyampaian keuangan yang dilaporkan menunjukkan kesiapan akurasi data laporan keuangan suatu perusahaan dan berdampak pada opini audit yang baik. Hasil pengujian hipotesis kedua menunjukkan bahwa kualitas auditor berpengaruh terhadap ketepatan waktu pelaporan keuangan. Hal tersebut menandakan perusahaan yang sudah siap secara data keuangan dan tidak memiliki masalah yang signifikan bisa memilih untuk menggunakan auditor dengan kualitas yang baik. Hasil pengujian hipotesis ketiga menunjukkan bahwa komite audit tidak berpengaruh terhadap ketepatan waktu pelaporan keuangan. Hal tersebut menandakan banyak atau tidaknya anggota komite audit tidak berpengaruh terhadap ketepatan waktu pelaporan keuangan Hasil dari uji simultan menunjukkan bahwa opini audit, kualitas auditor, dan komite audit berpengaruh terhadap ketepatan waktu pelaporan keuangan. Hal tersebut berarti opini audit yang baik, jasa auditor yang digunakan memiliki kualitas yang baik, jumlah komite audit yang dibentuk sesuai dengan aturan yang ditetapkan akan mempengaruhi ketepatan waktu dalam pelaporan keuangan perusahaan. Hasil dari nilai koefisien determinasi (R²) sebesar 0,144 atau 14,4%. Artinya, variabel independen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu opini audit (X₁), kualitas auditor (X₂), dan komite audit (X₃) secara bersama-sama dapat mempengaruhi ketepatan waktu pelaporan keuangan (Y) sebesar 14,4%, sisanya sebesar 85,6% dipengaruhi oleh variabel lain diluar penelitian ini. Kata kunci: opini audit, kualitas auditor, komite audit, ketepatan waktu pelaporan keuangan.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Uncontrolled Keywords: opini audit, kualitas auditor, komite audit, ketepatan waktu pelaporan keuangan.
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Faculty of Economic
Depositing User: fe . userfe
Date Deposited: 16 Jul 2024 08:53
Last Modified: 16 Jul 2024 08:53
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/14041

Actions (login required)

View Item View Item