Pengaruh Tingkat Pendidikan, Skala Usaha, Literasi Akuntansi, dan Persepsi Pelaku Usaha tentang Akuntansi Terhadap Penggunaan Informasi Akuntansi (Studi Kasus Pada UMKM di Kecamatan Sukorejo Kabupaten Ponorogo).

Kartikasari, Sindi (2024) Pengaruh Tingkat Pendidikan, Skala Usaha, Literasi Akuntansi, dan Persepsi Pelaku Usaha tentang Akuntansi Terhadap Penggunaan Informasi Akuntansi (Studi Kasus Pada UMKM di Kecamatan Sukorejo Kabupaten Ponorogo). Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img] Text (SURAT PERSETUJUAN UNGGAH KARYA ILMIAH)
Surat persetujuan unggah karya ilmiah.pdf

Download (321kB)
[img] Text (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (907kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (352kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (504kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (490kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (822kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (227kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (472kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
SKRIPSI FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh tingkat pendidikan, skala usaha, literasi akuntansi dan persepsi pelaku usaha tentang akuntansi terhadap penggunaan informasi akuntansi pada UMKM di Kecamatan Sukorejo Kabupaten Ponorogo. Penelitian ini termasuk dalam penelitian kuantitatif dengan populasi adalah pelaku UMKM yang ada di Kecamatan Sukorejo Kabupaten Ponorogo. Pemilihan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik cluster random sampling sehingga sampel pada penelitian ini sebanyak 96 responden. Proses pengambilan data menggunakan data primer berupa kuesioner yang disebar di 18 Desa pada Kecamatan Sukorejo Kabupaten Ponorogo. Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan model regresi linier berganda dengan program SPSS versi 26. Tahapan pengujian dalam penelitian ini meliputi uji kualitas data, uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Tingkat pendidikan secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap penggunaan informasi akuntansi pada UMKM di Kecamatan Sukorejo Kabupaten Ponorogo. Skala usaha secara parsial tidak berpengaruh terhadap penggunaan informasi akuntansi pada UMKM di Kecamatan Sukorejo Kabupaten Ponorogo. Literasi akuntansi secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap penggunaan informasi akuntansi pada UMKM di Kecamatan Sukorejo Kabupaten Ponorogo. Persepsi pelaku usaha tentang akuntansi secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap penggunaan informasi akuntansi pada UMKM di Kecamatan Sukorejo Kabupaten Ponorogo. Tingkat pendidikan, skala usaha, literasi akuntansi, persepsi pelaku usaha tentang akuntansi secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap penggunaan informasi akuntansi pada UMKM di Kecamatan Sukorejo Kabupaten Ponorogo.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Uncontrolled Keywords: Tingkat pendidikan, Skala usaha, Literasi akuntansi, Persepsi pelaku usaha tentang akuntansi, Penggunaan informasi akuntansi.
Subjects: T Technology > TX Home economics
Divisions: Faculty of Economic
Depositing User: fe . userfe
Date Deposited: 23 Jul 2024 02:09
Last Modified: 23 Jul 2024 02:09
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/14064

Actions (login required)

View Item View Item