VIRDIA SANJAYA, AZIZUL (2015) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI ADIWIYATA SEKOLAH (Studi Analisis di SMA Muhammadiyah 1 Ponorogo Tahun 2014). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
|
Text
COVER.pdf Download (77kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (205kB) | Preview |
|
|
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (378kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (128kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (525kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (248kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (647kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (104kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (92kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (10kB) | Preview |
|
|
Text
ARTIKEL.pdf Download (125kB) | Preview |
Abstract
Kata kunci: Pendidikan Karakter, Adiwiyata Sekolah Penanaman nilai moral melalui jalur pendidikan tidak lepas dengan tiga unsur yaitu, unsur kognitif (pikiran, pengetahuan, kesadaran), afektif (perasaan), dan psikomotor (perilaku). Penelitian ini bertujuan untuk: (1). mendeskripsikan implementasi pendidikan karakter mealalui adiwiyata sekolah; (2). Menderkripsikan nilai-nilai karakter yang dikembangkan melalui adiwiyata sekolah; (3). mendeskripsikan dan menganalisis faktor pendukung dan penghambat dalam mengimplementasikan pendidikan karakter melalui adiwiyata sekolah di SMA Muhammadiyah 1 ponorogo. Penelitian ini menggunakan jenis kualitatif. Sumber data primer yang dijadikan informan oleh peneliti adalah hasil observasi kegiatan, wawancara mendalam dengan Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah Bagian Kurikulum, Koordinator Program Adiwiyata Sekolah SMA Muhammadiyah 1 Ponorogo. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data dengan menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.Implementasi pendidikan karakter melalui adiwiyata sekolah dilakukan melalui (a). kebijakan sekolah berwawasan lingkungan; (b). kebijakan kurikulum berbasis lingkungan hidup; (c). kegiatan lingkungan hidup berbasis partisipatif; (d). pengelolaan dan pemanfaatan sarana prasarana sekolah untuk kegiatan berbasis lingkungan hidup. Nilai-nilai karakter yang dikembangkan melalui adiwiyata sekolah meliputi: (1). Religious; (2). Kejujuran; (3). Disiplin; (4). Peduli Lingkungan; (5). Cinta Tanah Air; (6). Kerja Keras; (7). Toleransi; (8). Kreatif; (9). Rasa Ingin Tahu. Nilai-nilai karakter tersebut dikembangkan melalui kegiatan-kegiatan berbasis lingkungan hidup Dalam mengimplementasikan pendidikan karakter melalui adiwiyata sekolah diketahui yang menjadi faktor pendukung adalah: (a). Adanya alokasi dana 20% yang mendukung implementasi program adiwiyata sekolah; (b). Adanya peran aktif baik dari guru, siswa, masyarakat sekitar sekolah, dan orang tua/wali; (c). Adanya sarana prasarana sekolah yang memadai; (d). Adanya sinergitas sekolah dengan instansi diluar sekolah bentuk kemitraan. Sedangkan yang menjadi faktor penghambat dalam mengimplementasikan pendidikan karakter melalui adiwiyata sekolah adalah sumber daya manusia (SDM) yang dimiliki sekolah, dalam artian belum seluruhnya warga sekolah dapat memahami konsep adiwiyata sekolah secara menyeluruh.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | K Law > K Law (General) |
Divisions: | Departement of Teacher Training and Education > Department of Civic Education |
Depositing User: | Editor FKIP |
Date Deposited: | 20 Nov 2015 03:59 |
Last Modified: | 20 Nov 2015 03:59 |
URI: | http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/1409 |
Actions (login required)
View Item |