ANALISIS PENERAPAN SAK EMKM (STANDAR AKUNTANSI KEUANGAN ENTITAS MIKRO KECIL MENENGAH) PADA PENYUSUSNAN LAPORAN KEUANGAN DI USAHA TAHU SARI KECAMATAN SLAHUNG PONOROGO

Pratama, Celvin Joan (2024) ANALISIS PENERAPAN SAK EMKM (STANDAR AKUNTANSI KEUANGAN ENTITAS MIKRO KECIL MENENGAH) PADA PENYUSUSNAN LAPORAN KEUANGAN DI USAHA TAHU SARI KECAMATAN SLAHUNG PONOROGO. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img] Text (1.SURAT PERSETUJUAN UNGGAH KARYA ILMIAH)
Surat persetujuan unggah karya ilmiah.pdf

Download (234kB)
[img] Text (2. HALAMAN DEPAN)
2. HALAMAN DEPAN.pdf

Download (588kB)
[img] Text (3. BAB I)
3.BAB I.pdf

Download (205kB)
[img] Text (4.BAB II)
4. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (331kB)
[img] Text (5. BAB III)
5. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (125kB)
[img] Text (6. BAB IV)
6. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (489kB)
[img] Text (7. BAB V)
7. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (87kB)
[img] Text (8. DAFTAR PUSTAKA)
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (193kB)
[img] Text (9. LAMPIRAN)
9. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text (10. SKRIPSI FULL TEXT)
10. SKRIPSI FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan di UMKM Tahu Sari yang terletak di Desa Gundik Kecamatan Slahung, Kabupaten Ponorogo. Metode Penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif dengan menggunakan data primer dan sekunder yang diambil dari UMKM Tahu Sari. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Wawancara langsung dengan UMKM di Tahu Sari menjadi sumber data primer. Data primer yang diolah kembali disebut sebagai informasi cadangan. Wawancara, strategi dokumentasi, dan metode observasi digunakan dalam penelitian ini untuk mengumpulkan data sekunder. Tanpa instrumen penelitian khusus, data mengenai pencatatan laporan keuangan perusahaan Tahu Sari dapat dikumpulkan secara langsung melalui observasi. Data wawancara responden dikumpulkan langsung pada saat sesi tanya jawab untuk mendapatkan data yang dibutuhkan. Salah satu cara pengumpulan data melalui dokumentasi adalah dengan mendokumentasikan catatan bisnis yang terkait dengan penelitian ini. Hasil penelitian ini menujukkan bahwa ada beberapa elemen laporan keuangan usaha Tahu Sari yang sesuai dan tidak sesuai dengan SAK EMKM. Pada mekanisme penyusunan laporan keuangan pada usaha Tahu Sari pemilik menyusun laporan keuangan mengandalkan hasil transaksi keluar masuk yang dilakukan oleh pemilik. Pada analisis aspek pengakuan, pengukuran dan penyajian laporan keuangan usaha Tahu Sari memiliki dua laporan yaitu laporan posisi keuangan dan laporan laba rugi. Pada laporan posisi keuangan diusaha Tahu Sari terdapat 5 pos yang sesuai yaitu persediaan, aset tetap, utang usaha, utang bank, dam ekuitas, terdapat dua pos yang belum sesuai yaitu pada kas dan setara kas. Pada laporan laba rugi terdapat dua pos yang sesuai yaitu pendapatan dan beban keuangan, pada pos beban pajak masih belum sesuai. Pada catatan atas laporan keuangannya usaha Tahu Sari belum memiliki laporan tersebut. Kendala tidak terlaksanakannya laporan keuangan berstandar SAK EMKM adalah kurangnya pengetahuaan pemilik usaha Tahu Sari mengenai standar akuntansi dalam menyusun laporan keuangan. Selama ini teknik pencatatan keuangan yang dilakukan pemilik usaha Tahu Sari selaras dengan ilmu yang diperoleh selama pelatihan UMKM.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Uncontrolled Keywords: SAK EMKM, UMKM, Laporan Keuangan
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Faculty of Economic
Depositing User: fe . userfe
Date Deposited: 12 Aug 2024 06:13
Last Modified: 12 Aug 2024 06:13
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/14257

Actions (login required)

View Item View Item