ANALISIS BREAK EVEN POINT DAN MARGIN OF SAFAETY SEBAGAI PERENCANAAN LABA PADA USAHA MIKRO, KECIL, DAN MENENGAH "BERKAH JAYA"

Purnamasari, Ita (2024) ANALISIS BREAK EVEN POINT DAN MARGIN OF SAFAETY SEBAGAI PERENCANAAN LABA PADA USAHA MIKRO, KECIL, DAN MENENGAH "BERKAH JAYA". Tugas Akhir (D3) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img] Text (Surat Persetujuan Unggah Karya Ilmiah)
Surat Persetujuan Unggah Karya Ilmiah.pdf

Download (132kB)
[img] Text (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (607kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (225kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (278kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (195kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (379kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (128kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (212kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text (FULL DRAFT TUGAS AKHIR)
DRAFT TUGAS AKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK ANALISIS BREAK EVEN POINT DAN MARGIN OF SAFETY SEBAGAI PERENCANAAN LABA PADA USAHA MIKRO, KECIL, DAN MENENGAH “BERKAH JAYA” Perencanaan laba Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) merupakan perkiraan seberapa besar laba yang ingin diperoleh UMKM pada tahun berikutnya. UMKM Berkah Jaya menggunakan xvndust produksi yang konsisten, sehingga saat ini belum membuat perkiraan laba. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Break Even Point dan Margin Of Safety untuk perencanaan laba pada UMKM Berkah Jaya. Penelitian ini dilakukan di RT 003 RW 002 Dukuh Sekar Putih Desa Dayakan Kecamatan Badegan Kabupaten Ponorogo Jawa Timur. Periode penelitian ini dilakukan dari Mei hingga Juli. Jenis penelitian ini merupakan deskriptif kuantitatif, dengan menggunakan sebuah xvndust analisis Break Even Point (BEP) dan Margin Of Safety (MOS). Hasil perhitungan ini menunjukkan berapa nilai titik impas penjualan agar dapat memberikan informasi seberapa besar penjualan untuk mencapai laba yang diharapkan UMKM tanpa mengalami kerugian. Hasil penelitian ini menunjukkan hasil analisis BEP dan MOS tahun 2023 serta perencanaan laba 2024. Titik impas tahun 2023 sebesar Rp 40.826.086 atau sebanyak 10.021 unit, titik keamanan sebesar Rp 82.773.914 atau 66%, dan perencanaan laba dengan target laba sebesar Rp 50.000.000 harus menjual 36.702 unit atau sebesar Rp 149.521.739. Kedua analisis ini digunakan UMKM yang kemudian dapat menjadi informasi bagi keputusan bisnis dan strategi perencanaan laba, memastikan UMKM memiliki margin keamanan yang cukup terhadap penurunan penjualan yang tak terduga. Dengan demikian keduanya berperan penting dalam perencanaan laba untuk menentukan target penjualan minimum dan menilai keamanan resiko dalam mencapai laba yang diinginkan. Kata Kunci: UMKM, Break Event Point, Margin Of Safety, dan Perencanaan Laba.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir (D3))
Uncontrolled Keywords: UMKM, Break Event Point, Margin Of Safety, dan Perencanaan Laba.
Subjects: A General Works > AI Indexes (General)
Divisions: Faculty of Economic
Depositing User: fe . userfe
Date Deposited: 19 Aug 2024 06:56
Last Modified: 19 Aug 2024 06:56
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/14311

Actions (login required)

View Item View Item