ANALISIS PENERAPAN PEMBUKUAN KEUANGAN DIGITAL “BUKU WARUNG” SEDERHANA PADA TOKO PERTANIAN WISMA TANI DI DESA GLINGGANG KEC. SAMPUNG

Tikasari, Eka (2024) ANALISIS PENERAPAN PEMBUKUAN KEUANGAN DIGITAL “BUKU WARUNG” SEDERHANA PADA TOKO PERTANIAN WISMA TANI DI DESA GLINGGANG KEC. SAMPUNG. Tugas Akhir (D3) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img] Text (SURAT PERSETUJUAN UNGGAH KARYA ILMIAH)
Surat persetujuan unggah karya.pdf

Download (241kB)
[img] Text (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (183kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (361kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (232kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (386kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (141kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (221kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text (TUGAS AKHIR FULL TEXT)
TUGAS AKHIR FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Laporan keuangan bagi pelaku UMKM berperan untuk memastikan pengelolaan keuangan berjalan dengan baik dan menjadi acuan bahwa usahanya sehat, ditandai dengan kelancaran arus keuangan. Banyak UMKM yang masih awam dengan pembukuan keuangan karena dianggap sesuatu yang rumit. Selain itu, cukup banyak pelaku UMKM yang menerapkan pembukuan keuangan meski sederhana. Pembukuan keuangan secara sederhana masih menemui kendala sehingga dilakukan upaya dengan menggunakan aplikasi, salah satunya adalah aplikasi Bukuwarung yang dapat diakses melalui smartphone. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan pembukuan digital melalui aplikasi Buku Warung di Toko Wisma Tani. Metode dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan fenomenologis. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara langsung kepada pemilik Toko Pertanian Wisma Tani, Ds. Glinggang dan dokumentasi penggunaan aplikasi BukuWarung. Analisis data menggunakan model reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini berfokus pada empat indikator, yaitu 1) Kemudahan penggunaan aplikasi BukuWarung, Penerapan teknologi seperti Aplikasi Buku Warung terbukti meningkatkan efisiensi dan efektivitas arus keuangan, memudahkan pelacakan laba rugi dan nota penjualan, serta memberikan akses mudah melalui gadget kapan saja dan di mana saja; 2) Efisiensi waktu dalam penggunaan Aplikasi Buku warung. Banyaknya pencatatan keuangan masuk ataupun keluar yang sudah lama sekalipun, dengan adanya aplikasi buku warung mempesingkat waktu pengguna mencari data yang mungkin sudah lama dan mencatat data yang baru; 3) Keakuratan data. Keakuratan data yang dimiliki aplikasi ini membuat pelaku usaha semakin percaya untuk mencatat semua bentuk transaksi baik hutang,pemasukan,pengeluaran yang tercatat rapi dan sudah ada tanggal yang memudahkan pengguna mencari walaupun sudah lama; dan 4) Keamanan data. Keamanan data juga dibutuhkan pelaku usaha karena banyak transaksi baik dari hutang, bukti pembelian, uang keluar masuk yang sangat dibutuhkan dengan jangka yang lama,dengan aplikasi ini keamanan data sangat tinggi membuat pengguna mudah untuk mencari arsip data yang baru maupun sudah lama. Kata Kunci: Pembukuan Keuangan Digital Buku Warung, Laporan Keuangan, dan UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah)

Item Type: Thesis (Tugas Akhir (D3))
Uncontrolled Keywords: Pembukuan Keuangan Digital Buku Warung, Laporan Keuangan, dan UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah)
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Faculty of Engineering
Depositing User: fe . userfe
Date Deposited: 19 Aug 2024 06:17
Last Modified: 19 Aug 2024 06:17
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/14390

Actions (login required)

View Item View Item