IMPLEMENTASI ALGORITMA ADVANCED ENCRYPTION STANDARD (AES-128) UNTUK PENGAMANAN DATABASE PADA SISTEM REGISTRASI PASIEN (STUDI KASUS : ARIF MERBABU CARE PONOROGO)

Auliya Ramadhani, Tarisa (2024) IMPLEMENTASI ALGORITMA ADVANCED ENCRYPTION STANDARD (AES-128) UNTUK PENGAMANAN DATABASE PADA SISTEM REGISTRASI PASIEN (STUDI KASUS : ARIF MERBABU CARE PONOROGO). Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img] Text (SURAT PERSETUJUAN UNGGAH KARYA ILMIAH)
1. SURAT PERSETUJUAN UNGGAH KARYA ILMIAH.pdf

Download (58kB)
[img] Text (HALAMAN DEPAN)
2. HALAMAN DEPAN.pdf

Download (2MB)
[img] Text (BAB I)
3. BAB I.pdf

Download (273kB)
[img] Text (BAB II)
4. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (729kB)
[img] Text (BAB III)
5. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (433kB)
[img] Text (BAB IV)
6. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
7. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (266kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (229kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
9. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (409kB)
[img] Text (SKRIPSI FULLTEXT)
10. SKRIPSI FULLTEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi telah membawa dampak pada kehidupan masyarakat di Indonesia, terutama dalam bidang keamanan siber. Keamanan siber berperan penting dalam melindungi sistem komputer, jaringan, perangkat, dan data dari berbagai ancaman serta akses ilegal. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keamanan data pasien pada Sistem Registrasi Pasien menggunakan Algoritma Advanced Encryption Standard (AES-128), dengan studi kasus pada layanan kesehatan Arif Merbabu Care di Ponorogo. Masalah utama yang diidentifikasi adalah tingginya risiko kebocoran data pribadi pasien, yang mengancam privasi dan keamanan informasi sensitif. Untuk mengatasi masalah ini, penelitian ini menerapkan metode waterfall yang mencakup tahapan analisis kebutuhan, desain, implementasi dan pengujian. Pada tahap implementasi, algoritma AES-128 digunakan untuk mengenkripsi data pasien sebelum disimpan ke dalam database, meliputi informasi seperti NIK, nama, alamat, data kelahiran, jenis kelamin, umur, dan nomor telepon. Data yang dianalisis dalam penelitian ini mencakup data pasien dan literatur ilmiah terkait enkripsi dan keamanan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan enkripsi menggunakan AES-128 secara signifikan mampu mengurangi risiko kebocoran data, menjaga kerahasiaan informasi pasien, dan mencegah akses yang tidak sah. Pengujian sistem menunjukkan bahwa enkripsi AES-128 memberikan perlindungan yang kuat terhadap upaya peretasan dan akses ilegal, meningkatkan kepercayaan pasien dan keamanan operasional lembaga kesehatan. Kesimpulannya, implementasi algoritma AES-128 pada sistem registrasi pasien di Arif Merbabu Care terbukti efektif dalam meningkatkan keamanan database pasien.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Uncontrolled Keywords: Advanced Encryption Standard (AES-128), Database, Enkripsi, Keamanan Data, Keamanan Siber
Subjects: T Technology > T Technology (General)
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Faculty of Engineering
Depositing User: ft . userft
Date Deposited: 27 Aug 2024 02:16
Last Modified: 27 Aug 2024 02:16
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/14672

Actions (login required)

View Item View Item