PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN AKTIF MATERI BANGUN RUANG BERBASIS GEOGEBRA DI SD/MI KELAS VI

ZAMRONI F, AHMAD (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN AKTIF MATERI BANGUN RUANG BERBASIS GEOGEBRA DI SD/MI KELAS VI. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img] Text (Surat Persetujuan Unggah Kerya Ilmiah)
1. SURAT PERSETUJUAN UNGGAH KARYA.pdf

Download (886kB)
[img] Text (Halaman Depan)
2. HALAMAN DEPAN.pdf

Download (976kB)
[img] Text (BAB 1)
3. BAB I.pdf

Download (327kB)
[img] Text (BAB 2)
4. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (553kB)
[img] Text (BAB 3)
5. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (631kB)
[img] Text (BAB 4)
6. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (955kB)
[img] Text (BAB 5)
7. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (366kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (680kB)
[img] Text (Lampiran-lampiran)
9. LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text (Skripsi Full Teks)
10. SKRIPSI FULL TEKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini menjelaskan tentang pengembangan media pembelajaran berbasis GeoGebra pada materi bangun ruang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan langkah-langkah pengembangan media berbasis GeoGebra yang valid, praktis, dan efektif. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development (RnD) atau penelitian pengembangan. Model pengembangan media pembelajaran ini dikembangkan berdasarkan model pengembangan Plomp. Model pengembangan Plomp meliputi tiga tahapan atau fase: Analisis Pendahuluan (Preliminary Research), Pembuatan Prototip (Prototyping Phase), dan Tahap Penilaian (Assessment Phase). Subjek uji coba dalam penelitian ini adalah siswa kelas VI MI Darul Ulum Doho. Hasil penelitian berdasarkan model pengembangan tersebut menunjukkan bahwa media pembelajaran materi bangun ruang berbasis GeoGebra ini valid, praktis dan efektif. Langkah pertama dalam penelitian pengembangan ini yaitu analisis pendahuluan (preliminary research), dimana peneliti melakukan observasi dan wawancara di sekolah guna mengidentifikasi kendala yang dialami oleh siswa kelas VI dalam memahami materi bangun ruang. Selanjutnya pembuatan prototip (protyping phase), dimana peneliti merancang pembuatan desain menggunakan aplikasi GeoGebra, yang memungkinkan visualisasi interaktif dalam tiga dimensi. Dan tahap terakhir yaitu penilaian (asessment phase), pada tahap ini dilakukan ujicoba evaluasi untuk mengukur valid, praktis dan efektifnya dalam mencapai tujuan pembelajaran. Setelah media selesai dikembangkan, maka dilakukan validasi oleh para ahli. Para ahli diantaranya adalah ahli materi dan ahli media. Adapun hasil validasi yang dilakukan oleh validator materi adalah berdasarkan aspek kelayakan isi 85,45%, aspek kelayakan penyajian sebanyak 80%, serta 88,89% dari aspek kelayakan bahasa dengan rata-rata keseluruhan 84,78% sehingga mendapatkan kriteria sangat valid dan hasil dari validator media adalah 88,33% dengan kriteria sangat valid. Setelah memperoleh hasil dari validator materi dan validator media. Langkah selanjutnya yaitu ujicoba media pembelajaran kepada siswa kelas VI MI Darul Ulum Doho. Setelah media selesai diujicobakan, siswa diberikan angket respon untuk memberikan tanggapannya terhadap media yang diujicobakan. Media diukur dari persentase hasil angket respon siswa untuk tingkat kepraktisan dan keefektifan. Hasil respon siswa tingkat kepraktisan adalah 82,94% dengan kriteria sangat praktis dan hasil respon siswa tingkat keefektifan adalah 80,71% dengan kriteria efektif. Berdasarkan hasil validasi dan respon siswa menunjukkan bahwa media pembelajran layak untuk digunakan.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Media Pembelajaran, GeoGebra, Bangun Ruang.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Departement of Teacher Training and Education > Department of Mathematics
Depositing User: fkip . userfkip
Date Deposited: 29 Aug 2024 02:18
Last Modified: 29 Aug 2024 02:18
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/14693

Actions (login required)

View Item View Item