HIDAYAT, LAHWAN (2015) PERAN GURU DALAM PENDIDIKAN KARAKTER DI MADRASAH TSANAWIYAH MUHAMMADIYAH KEMUNING KECAMATAN TEGALOMBO KABUPATEN PACITAN. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
|
Text
COVER DFTR ISI.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB 1.pdf Download (274kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (395kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (200kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (353kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (250kB) |
Abstract
Pendidikan karakter merupakan pendidikan yang sangat urgent saat ini. melihat kondisi moral generasi penerus bangsa yang semakin memburuk. Setiap sekolah harus melaksanakan pendidikan karakter sesuai dengan kondisi dan model yang dipilih. Karakter peserta didik saat ini semakin merosot, banyak faktor yang menjadi pemicu kemerosotan dan kemunduran pendidikan saat ini, baik di lingkungan sekolah, keluarga maupun masyarakat. peran guru dalam pendidikan karakter sangat dibutuhkan untuk membina peserta didik. Guru berperan dalam proses pelaksanaan pendidikan karakter disekolah. Guru memiliki peran sentral. Guru sebagai agen perubahan memiliki peran yang sangat penting, teladan guru sangat dibutuhkan, apalagi dalam usia pendidikan tingkat sekolah dasar dan menengah, peserta didik cenderung meniru apa yang dilakukan oleh guru. Peneliti memilih MTs Muhammadiyah Kemuning sebagai tempat penelitian karena pendidikan karakter di tingkat madrasah tsanawiyah merupakan pendidikan lanjutan yang telah memiliki dasar dari tingkat sebelumnya baik dari madrasah ibtidaiyah maupun sekolah dasar. Penulisan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pendidikan karakter di Madrasah Tsanawiyah Muhammadiyah Kemuning. Peran guru dalam melaksanakan pendidikan karakter di Madrasah Tsanawiyah Muhammadiyah Kemuning. Kendala-kendala apa saja yang dihadapi guru dalam melaksanakan pendidikan karakter di Madrasah Tsanawiyah Muhammadiyah Kemuning. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Objek kajian adalah Madrasah Tsanawiyah Muhammadiyah Kemuning. Sumber data diperoleh dari informan dan data dokumentasi pendukung. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara dan observasi. Teknik analisis menggunakan teknik trianggulasi sumber data. Hasil kajian berupa konsep pendidikan karakter, pendidikan karakter di Madrasah Tsanawiyah Kemuning dilaksanakan secara terpadu, terintegrasi dengan pelaksanaan pembelajaran serta ekstrakurikuler. Guru berperan sebagai motivator, dinamisator, evaluator, serta teladan bagi peserta didik. Sedangkan kendala-kendala yang dihadapi oleh guru adalah pengaruh yang kuat dari lingkungan serta teknologi yang tidak terkendali. Kata Kunci: Pendidikan Karakter, Madrasah Tsanawiyah, Peran Guru.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > Islamic Studies |
Divisions: | Faculty of Islamic Studies > Department of Islamic Studies |
Depositing User: | Editor FAI |
Date Deposited: | 24 Nov 2015 04:30 |
Last Modified: | 24 Nov 2015 04:30 |
URI: | http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/1487 |
Actions (login required)
View Item |