IMPLEMENTASI PELAJARAN MAHFUDZOT DALAM MENINGKATKAN AKHLAKUL KARIMAH SANTRIWATI DI PONDOK PESANTREN TAHFIDZ AL-QU’RAN AHMAD DAHLAN PUTRI PONOROGO

Mar'atussholikhah, Da'i (2024) IMPLEMENTASI PELAJARAN MAHFUDZOT DALAM MENINGKATKAN AKHLAKUL KARIMAH SANTRIWATI DI PONDOK PESANTREN TAHFIDZ AL-QU’RAN AHMAD DAHLAN PUTRI PONOROGO. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img] Text (SURAT PERSETUJUAN UNGGAH KARYA ILMIAH)
1. SURAT PERSETUJUAN UNGGAH KARYA ILMIAH.pdf

Download (120kB)
[img] Text (HALAMAN DEPAN)
2. HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
3. BAB I.pdf

Download (510kB)
[img] Text (BAB II)
4. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (584kB)
[img] Text (BAB III)
5. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (492kB)
[img] Text (BAB IV)
6. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (885kB)
[img] Text (BAB V)
7. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (154kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (221kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
9. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
10. SKRIPSI FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Da’i Mar’atussholikhah. 2024. Implementesi pelajaran Mahfudzot dalam meningkatkan akhlakul karimah santriwati di Pondok Pesantren Tahfidz Al-Qur’an Ahmad Dahlan Putri Ponorogo. Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) Universitas Muhammadiyah Ponorogo. Pembimbing: (1) Dr. Nuraini, M.Pd.I; (2) Dr. Muh Tajab, M.A. Kurangnya kepribadian santri dalam berakhlakul karimah merupakan masalah yang cukup menonjol. Hal yang menarik dari pelajaran ini ialah dari perkataan para ulama banyak terdapat makna yang mendalam yang mana mengandung motivasi yang apabila dipelajari dengan baik maka akan membantu perkembangan akhlak dan moral santri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi pelajaran mahfudzot dalam meningkatkan akhlakul karimah santriwati di Pondok Pesantren Tahfidz Al-Qur’an Ahmad Dahlan Putri Ponorogo. Pelajaran Mahfudzot adalah pelajaran yang berisi hafalan-hafalan. Penyajian materi yang disajikan dalam pelajaran Mahfudzot yaitu kalimat-kalimat yang isinya syair ataupun kata-kata hikmah yang dapat menjadikan hati peserta didik tertarik serta diajak untuk mengahafal. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Pengumpulan data yang dilakukan dengan metode wawancara kepada 5 narasumber, observasi serta dokumentasi, yang mana semua ini menjawab terkait permasalahan yang diteliti implementasi pelajaran mahfudzot dalam meningkatkan akhlakul karimah santriwati. Hasil temuan penelitian ini ialah (1) Implementasi Pelajaran Mahfudzot untuk Meningkatkan Akhlakul Karimah Santriwati mencakup perencanaan, metode pengajaran dan evaluasi. Tahap perencanaan seperti membuat I’dad atau RPP serta materi pembelajaran. Metode pengajaran yang digunakan, dan evaluasi guru mengadakan ujian lisan atau tertulis. (2) Hasil Implementasi Pelajaran Mahfudzot untuk Meningkatkan Akhlakul Karimah Santriwati yaitu dengan adanya perubahan perilaku harian seperti peningkatan kejujuran, kedisiplinan, kesopanan dan adab, pemahaman dan penerapan nilai-nilai akhlak, partisipasi dalam kegiatan keagamaan dan sosial, peningkatan keterampilan sosial, empati dan kepedulian hasil akademik dan non-akademik. (3) Faktor pendukung ialah guru yang kompeten, menguasai materi dan mampu menyampaikan dengan cara yang menarik dan relevan bagi santriwati, guru yang bersemangat dalam mengajar, adanya motivasi, anak-anak yang bersemangat, adanya dukungan dari orang tua santriwati. Sedangkan faktor penghambatnya: kurang nya porsi jam pelajaran, rasa ngantuk yang muncul saat belajar di kelas, kurang bersemangat, kelelahan, serta kurangnya rasa percaya diri.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Implementasi, Pelajaran Mahfudzot, Akhlakul Karima
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > Islamic Studies
Divisions: Faculty of Islamic Studies > Department of Islamic Studies
Depositing User: fai , userfai
Date Deposited: 04 Sep 2024 02:49
Last Modified: 04 Sep 2024 02:49
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/14876

Actions (login required)

View Item View Item