MUKLIS, MUKLIS (2015) PENGARUH IMPLEMENTASI PROGRAM PERCEPATAN BELAJAR (AKSELERASI) TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DI MTs. NEGERI PONOROGO. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
|
Text
DAFTAR ISI DAN LAMPIRAN..pdf Download (891kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 1 MUKLIS.pdf Download (166kB) | Preview |
|
Text
BAB II MUKLIS.pdf Restricted to Repository staff only Download (273kB) |
||
Text
BAB III MUKLIS.pdf Restricted to Repository staff only Download (224kB) |
||
Text
BAB IV MUKLIS.pdf Restricted to Repository staff only Download (318kB) |
||
Text
BAB V MUKLIS.pdf Restricted to Repository staff only Download (108kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (62kB) | Preview |
Abstract
Keyword: Implementasi, Akselerasi, Motivasi belajar, Pendidikan Agama Islam. Akselerasi adalah program percepatan belajar yang dikhususkan kepada anak yang termasuk dalam cerdas istimewa dalam kriteria tertentu. Sama seperti yang diterapkan di MTs. Negeri Ponorogo. Pada program kelas akselerasi guru mengajarkan materi Pendidikan Agama Islam (PAI) yang sama dengan sekolah-sekolah lain, namun kemungkinan besar siswa akan lebih fokus terhadap mata pelajaran umum yang akan diujikan untuk kelulusan atau Ujian Nasional. Disisi lain, secara umum siswa kelas akselerasi yang mempunyai kecerdasan tinggi cenderung terlihat merasa superior, ego lebih tinggi dan high class. Hal ini memberi pengaruh terhadap pembelajaran pada materi Pendidikan Agama Islam. Tujuan penelitian untuk mengetahui bagaimana pengaruh penerapan program akselerasi yang dilakukan terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI), dan juga mengetahui seberapa besar pengaruh penerapan program akselerasi yang dilakukan terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI). Penelitian ini menggunakan metode analisis kuantitatif, yaitu penelitian yang dilakukan dengan cara menganalisis data yang diarahkan untuk menjawab rumusan masalah, selanjutnya diarahkan untuk menguji dan menjawab hipotesis. Dengan rumus Product moment dan rumus koefisien determinan (R2). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi akselerasi berpengaruh yang signifikan terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Agama Islam. Dengan menggunakan rumus product moment yang hasilnya 0,98 berada diantara 0,80 s/d 1,000 yang tergolong sangat kuat (skala likert). Selanjutnya untuk mengetahui seberapa besar pengaruhnya maka digunakan rumus koefisien determinan (R2) yang hasilnya adalah 96%. Menunjukkan bahwa variabel terikat (motivasi belajar siswa) dipengaruhi sebesar 96 % oleh variabel bebas (Implementasi program percepatan belajar (akselerasi) pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI)).
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > Islamic Studies |
Divisions: | Faculty of Islamic Studies > Department of Islamic Studies |
Depositing User: | Editor FAI |
Date Deposited: | 24 Nov 2015 04:34 |
Last Modified: | 24 Nov 2015 04:34 |
URI: | http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/1488 |
Actions (login required)
View Item |