Nurohman, Rizal PENGARUH PERAN IPM K.H AHMAD BADAWI TERHADAP NILAI KEISLAMAN SISWA KELAS XI DI MA MUHAMMADIYAH 2 YANGGONG PONOROGO. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
Text (1 Surat Persetujuan Unggah Karya Ilmiah)
1 Surat Persetujuan Unggah Karya Ilmiah.pdf Download (170kB) |
|
Text (Halaman Depan)
2. Halaman Depan.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
3. BAB I.pdf Download (146kB) |
|
Text (BAB II)
4. BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (445kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
5. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (117kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
6. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (440kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
7. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (32kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (209kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
9. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (Skripsi Full Text)
10. Skripsi Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Nilai-nilai Pendidikan agama Islam mengandung arti suatu proses pembinaan seseorang yang meliputi jasmani dan rohani untuk membentuk kepribadian dasar dalam kehidupannya menurut kaidah Islam berdasarkan perintah dan ajaran agama Islam, sehingga dia akan bahagia di dunia dan akhirat. Pendidikan Agama Islam dan nilai-nilainya perlu diajarkan di keluarga dan sekolah sejak usia dini. Hal ini diharapkan sehingga mampu meningkatkan sikap spiritual dan mampu membentuk diri siswa akan menjadi orang yang beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT. Nilai-nilai Pendidikan agama Islam yang terdiri dari Aqidah, Syariah dan akhlak merupakan satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan. Aqidah yang berkaitan dengan kepercayaan atau keyakinan, Syariah yang berkaitan dengan moralitas mengacu pada Tindakan seseorang, sedangkan agama adalah aturan yang menggambarkan peran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh peran IPM K.H Ahmad Badawi terhadap nilai keislaman siswa kelas XI di MA Muhammadiyah 2 Yanggong Ponorogo. penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan angket, setelah data-data yang diperlukan dalam penelitian sudah terkumpul, maka peneliti dapat menganalisis data tersebut guna mengetahui hipotesis yang diterima dalam penelitian. Dalam proses pengambilan data peneliti menggunakan penyebaran kuesioner dengan melakukan uji validitas dan reliabilitas terlebih dahulu dan menganalisis data menggunakan bantuan aplikasi SPSS versi 25. Setelah kuesioner dinyatakan valid dan reliabel maka peneliti melakukan penyebaran kepada siswa kelas XI MA Muhammadiyah 2 Yanggong. Adapun pengujian yang peneliti lakukan mulai dari uji normalitas, uji linieritas, uji regresi linier sederhana, dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran IPM K.H Ahmad Badawi berpengaruh terhadap Nilai keislaman siswa kelas XI dengan besar pengaruh yakni sebesar 29,3%. Berdasarkan analisis tersebut bahwa peran IPM yang merupakan faktor independen dengan 3 indikator yaitu, IPM sebagai wadah, IPM sebagai motivator, IPM bersifat preventif telah memberikan dampak positif dan signifikan terhadap nilai keislaman yang merupakan dependen dengan beberapa indikator yaitu, nilai akidah, nilai akhlak, dan nilai syariah di MA Muhammadiyah 2 Yanggong Ponorogo. Hal ini menunjukkan bahwa IPM memiliki peran dalam meningkatkan nilai keislaman siswa kelas XI Madrasah Aliyah.
Item Type: | Thesis (Skripsi (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Peran Pimpinan, Ikatan Pelajar Muhammadiyah, Nilai Keislaman |
Divisions: | Faculty of Islamic Studies > Department of Islamic Studies |
Depositing User: | fai , userfai |
Date Deposited: | 04 Sep 2024 02:10 |
Last Modified: | 04 Sep 2024 07:45 |
URI: | http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/14925 |
Actions (login required)
View Item |