SUGIYONO, SUGIYONO (2015) PEMBINAAN MORAL SISWA MELALUI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMK AL FATTAH DESA TAHUNAN TEGALOMBO PACITAN. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
|
Text
HALAMAN DEPAN.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (218kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (635kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (275kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (747kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (88kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (284kB) | Preview |
|
|
Text
Lampiran.pdf Download (646kB) | Preview |
Abstract
Kata Kunci: Pembinaan Moral, PAI Pembinaan moral merupakan hal yang sangat erat kaitanya dengan prilaku anak. Pendidikan di dalam keluarga merupakan pendidikan yang pertama dan utama dalam pembinaan moral. Hal ini dapat mepengaruhi pola berfikira mereka untuk maju kedepan. Oleh karena itu orang tua harus bisa mengontrol keseharian mereka agar bisa mebina mental mereka. Pembinaan moral yang dilakukan di rumah merupakan hal yang sangat menentukan kemajuan mental anak dalam masa mendatang. Dan peranan guru dalam pendidikan juga mempengaruhi mental mereka. Guru merupakan orang tua keduan setelah orang tua asli karena peranan guru dalam meningkatkan kualitas dan kuantitas mereka guna kehidupan di masa depan. Hal inilah yang harus kita dukung, supaya pembinaan moral yang berada di lingkungan sekolah bisa berjalan dengan lancar dan dapat hasil yang memuaskan. Peranan guru dalam pembinaan moral sangatlah penting karena para siswa sebagian waktunya ada dalam lingkungan sekolah. Adapun tujuan yang ingin diketahui dalam permasalahan ini adalah: (1) Untuk mengetahui bagaimana pola pembinaan moral siswa melalui Pendidikan Agama Islam di SMK Al Fattah Tegalombo Pacitan. (2) Untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang menjadi penghambat dan pendukung dalam pembinaan moral di SMK Al Fattah Tegalombo Pacitan melalui Pendidikan Agama Islam. Untuk mengumpulkan data, penulis menggunakan beberapa metode, yaitu metode observasi, interview, dokumentasi. Sedang dalam pengolahan data penulis menggunakan teknik deskriptif kualitatif.Hasil pembahasan skripsi ini meliputi; (1) Pembinaan moral melalui pendidikan agama Islam di SMK Al Fattah, dilakukan oleh guru dengan cara memaksimalkan proses belajar mengajar yang di kaitkan dengan moral disertai dengan kegiatan diluar jam sekolah diantaranyaDalam hal ini campur tangan orang tua sangat di perlukan karena sumber moral berada didalam keluarga itu sendiri bila orang tua bisa membina moral mereka maka di dalam lingkungan lembanga akan meneruskan langkah mereka untuk berjalan dan mencapai pada yang diinginkannya. Faktor-faktor yang mepengaruhi pembinaan moral di SMK Al Fattah, latar belakang siswa, kurangnya kekonmpakan guru dalam pembinaan moral khususnya kontrol dan pengawasan guru yang terkait dengan sikap siswa, pengunaan sarana dan prasarana ibadah yang kurang maksimal serta belum maksimalnya kerjasama atara sekolah dengan wali murid. Dalam pemecahannya dibutuhkan komitmen bersama dalam bentuk kerjasama orang tua, masyarakat sekolah, ditambah dengan usaha dan gagasan guru pendidikan agama Islam untuk selalau mengfungsikan sarana yang mampu mununjang proses pendidikan seperti asrama, serta kreatifitas dan pengembangan dalam kegiatan pendidikan.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General) |
Divisions: | Faculty of Islamic Studies > Department of Islamic Studies |
Depositing User: | Editor FAI |
Date Deposited: | 14 Dec 2015 02:31 |
Last Modified: | 14 Dec 2015 02:31 |
URI: | http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/1656 |
Actions (login required)
View Item |