REZA FALESTIN YUSUF, IRA (2015) PENDIDIKAN PRENATAL DALAM PERSPEKTIF GURU TK DI PONOROGO. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
|
Text
HALAMAN DEPAN.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (380kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (403kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (167kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (458kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (86kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (178kB) | Preview |
Abstract
Melihat realita yang ada di masyarakat saat ini, banyak perilaku anak tidak sesuai dengan nilai-nilai agama, moral, dan budaya. Oleh sebab itu guru harus berperan aktif dalam mengembangkan kemampuan dan membentuk karakter anak. Gurupun juga diharapkan mengetahui dan memahami tentang pendidikan prenatal, karena guru adalah mitra orang tua, pengganti orang tua di sekolah dalam mendidik anak. Guru TK pun demikian, guru TK juga memiliki peran penting dalam pendidikan anak usia dini. Guru TK dituntut lebih dekat dan lebih memahami masing-masing karakter peserta didiknya. Penulis juga menginginkan adanya keaneka ragaman pandangan dari guru-guru TK. Untuk itu penulis tertarik untuk mengetahui pandangan guru TK terhadap pendidikan prenatal ini. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan : (1) Untuk mengetahui pandangan guru TK di Ponorogo terhadap pendidikan prenatal. (2) Untuk mengetahui upaya guru TK di Ponorogo dalam pendidikan prenatal. Metode pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah teknik snowball sampling, yaitu teknik pengambilan sampel dengan bantuan key-informan atau informan kunci, dan dari informan kunci inilah akan berkembang sesuai petunjuk. Jumlah sampel tidak ada batas minimal atau maksimal, yang terpenting telah memadai dan mencapai “data jenuh”, yaitu tidak ditemukan informasi baru lagi dari subjek penelitian. Sedangkan metode pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut (1) Pandangan guru TK di Ponorogo terhadap pendidikan prenatal yaitu pendidikan prenatal sangat penting untuk calon suami istri, orang tua, anak dan guru TK itu sendiri. (2) Upaya guru TK di Ponorogo dalam pendidikan prenatal beraneka ragam, baik dalam upaya fisik maupun upaya psikis atau spiritual.Dengan berpijak dari data di atas, maka peneliti menyarankan kepada guru-guru, orang tua, maupun calon orang tua hendaknya selain mempelajari, mengerti, dan memahami tentang pendidikan prenatal, juga mempraktekkan dalam kehidupan nyata. Agar cita-cita untuk mendapatkan keturunan salih yang berkualitas, bisa terwujud. Kata Kunci : Pendidikan Prenatal dan Guru TK
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General) |
Divisions: | Faculty of Islamic Studies > Department of Islamic Studies |
Depositing User: | Editor FAI |
Date Deposited: | 14 Dec 2015 02:40 |
Last Modified: | 14 Dec 2015 02:40 |
URI: | http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/1659 |
Actions (login required)
View Item |