STRATEGI PENGEMBANGAN PENDIDIKAN KEDISIPLINAN DI MTs MUHAMMADIYAH KEMUNING TEGALOMBO KABUPATEN PACITAN TAHUN PELAJARAN 2014/2015

WIJININGSIH, WIJININGSIH (2015) STRATEGI PENGEMBANGAN PENDIDIKAN KEDISIPLINAN DI MTs MUHAMMADIYAH KEMUNING TEGALOMBO KABUPATEN PACITAN TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img]
Preview
Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (130kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (510kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (100kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (273kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (91kB)
[img]
Preview
Text
TRANSKRIP REKAMAN WAWANCARA.pdf

Download (86kB) | Preview
Official URL: http://libraryumpo.ac.id

Abstract

Kata Kunci: Strategi, Kedisiplinan Disiplin adalah suatu kondisi yang tercipta dan terbentuk melalui proses dari serangkaian perilaku yang menunjukkan nilai-nilai ketaatan, kepatuhan, keteraturan, dan atau ketertiban. Kedisiplinan tidak bisa tertanam bila tidak dilatih atau dibiasakan dengan serius. Pengaruh pendidikan kedisiplinan terhadap pertumbuhan dan perkembangan jiwa anak sangatlah kuat, karena perilaku disiplin dapat memicu berbagai sifat yang baik seperti sifat tanggungjawab yang tinggi dan amanah. Pendidikan kedisiplinan ini harus dilatih dan ditumbuh kembangkan kepada diri anak, agar anak mampu melaksanakan tugas-tugasnya dengan baik dan bertanggungjawab sesuai dengan aturan dan norma yang berlaku. Adapun tujuan yang ingin diketahui dalam permasalahan ini adalah: (1) Mendiskripsikan strategi pengembangan pendidikan kedisiplinan di MTs Muhammadiyah Kemuning Tegalombo Pacitan. (2) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan pendidikan kedisiplinan di MTs Muhammadiyah Kemuning Tegalombo Pacitan. (3) Untuk mengetahui hasil pengembangan pendidikan kedisiplinan di MTs Muhammadiyah Kemuning Tegalombo Pacitan. Untuk mengumpulkan data, penulis menggunakan beberapa metode, yaitu metode interview, metode observasi, dan metode dokumentasi.Hasil pembahasan skripsi ini diantaranya, 1) Strategi merupakan langkah-langkah yang digunakan dalam mewujudkan pendidikan kedisiplinan. Oleh karena itu MTs ini betul-betul merancang dan menyiapkan strategi tersebut dengan maksud agar pelaksanaan pendidikan kedisiplinan dapat dijalankan dengan baik, strateginya yaitu: a) Penyiapan visi, misi, motto, dan tujuan,. b) Penyiapan program kegiatan khusus, c) Tata tertib, d) Sosialisasi, e) Pendekatan, f) Sarana dan Prasarana, g) Evaluasi. 2) Faktor yang mendukung suksesnya pelaksanaan pendidikan kedisiplinan adalah adanya kontrol dari Kepala Madrasah secara langsung dan aktif, adanya peran aktif dari dewan guru, adanya peran aktif dari orang tua siswa, kesadaran para siswa, dan adanya sarana prasarana yang mendukung. Faktor penghambat dari pelaksanaan pendidikan kedisiplinan di MTs Muhammadiyah Kemuning Tegalombo Pacitan adalah kurang perannya guru tidak tetap (GTT), adanya guru yang statis, dan pengaruh lingkungan yang jelek.3) Hasil pengembangan pendidikan kedisiplinan yang telah dicanangkan oleh MTs Muhammadiyah Kemuning Tegalombo Pacitan telah dilaksanakan dengan maksimal dan hasilnya cukup suskses. Hal ini dibuktikan bahwa siswa telah mengetahui apa yang disebut disiplin baik dari tataran materi maupun pelaksanaannya. Sejak penerapan pendidikan kedisiplinan ini, siswa menunjukkan perubahan yang lebih baik dalam hal disiplin waktu, belajar, beribadah, maupun bergaul dengan sesamanya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General)
Divisions: Faculty of Islamic Studies > Department of Islamic Studies
Depositing User: Editor FAI
Date Deposited: 14 Dec 2015 02:47
Last Modified: 14 Dec 2015 02:47
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/1660

Actions (login required)

View Item View Item