Sutrisno, Edi (2015) MODEL PENDIDIKAN LIFE SKILL DI LEMBAGA KESEJAHTERAAN SOSIAL ANAK MUHAMMADIYAH AL-MAA’UUN BALONG PONOROGO. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
|
Text
HALAMAN DEPAN.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (175kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (415kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (263kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (323kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (161kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (66kB) | Preview |
|
|
Text
LAMPIRAN DEPAN.pdf Download (350kB) | Preview |
Abstract
Kata Kunci: Model Pendidikan Life Skill Lembaga Al-Maa’uun adalah sebuah lembaga kesejahteraan sosial yang menjadi tempat penampungan dalam jangka waktu tertentu bagi anak-anak yang mengalami kesulitan ekonomi. Lembaga ini membantu pemerintah dalam membimbing dan membina anak yatim piatu dan Dhu’afa’ yang merupakan kader dan generasi penerus bangsa Indonesia. Lembaga ini memberikan pendidikan kecakapan hidup (life skill) kepada anak asuhnya melalui empat aspek, yakni aspek personal skill, aspek thinking skill, aspek social skill dan aspek vocational skill. Selain mendapat berbagai ilmu dari lembaga, anak asuh juga mengikuti sekolah umum sesuai tingkatannya dan diperlukan model pendidikan yang baik pada Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak Muhammadiyah Al-Maa’uun Balong Ponorogo. Tujuan dari penelitian ini adalah; (1) ingin mengetahui model pendidikan kecakapan hidup (life skill), (2) ingin mengetahui faktor penghambat pelaksanaan pendidikan life skill, dan (3) ingin mengetahui solusi dalam menanggulangi penghambat pendidikan life skill di Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak Muhammadiyah Al-Maa’uun Balong Ponorogo. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan menggunakan analisis deskriptif. Yaitu prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif yang berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang dapat diamati. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi.Hasil penelitian ini dapat disimpulkan; (1) implementasi model pendidikan pada aspek personal skill meliputi berbagai macam kegiatan keagamaan, pada aspek thinking skill melalui problem solving sederhana, pada aspek sosial skill melalui sistem kekeluargaan dan bimbingan belajar, dan pada aspek vokational skill melalui bimbingan keterampilan baik diluar lembaga maupun di dalam lembaga. (2) faktor penghambat; pendanaan yang kurang, sarana dan prasarana yang kurang maksimal, anak asuh dari berbagai macam latar belakang lingkungan yang berbeda dan minimnya pengasuh. Sedangkan solusi yang dapat dilakukan oleh lembaga adalah; menjalin hubungan kerja sama dengan keluarga besar Pimpinan Cabang Muhammadiyah Balong dan lembaga-lembaga Muhammadiyah sebagai donatur tetap, sikap toleransi dan bimbingan yang tegas terhadap anak asuh, dan memaksimalkan semua kegiatan yang ada serta mencarikan pengasuh yang siap sedia bermukim di Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak Muhammadiyah Al-Maa’uun Balong Ponorogo.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General) |
Divisions: | Faculty of Islamic Studies > Department of Islamic Studies |
Depositing User: | Editor FAI |
Date Deposited: | 14 Dec 2015 03:01 |
Last Modified: | 14 Dec 2015 03:01 |
URI: | http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/1661 |
Actions (login required)
View Item |