INTEGRASI ANTARA SAINS DAN AGAMA DALAM EDUKASI

Susanto, Happy (2015) INTEGRASI ANTARA SAINS DAN AGAMA DALAM EDUKASI. Jurnal PGRI Ponorogo, 1 (2). ISSN 2355-1569

[img] Text
6 Integrasi Agama dan Saint.pdf - Published Version

Download (1MB)

Abstract

Beberapa abad terakhir, terdapat konflik yang tidak bisa didamaikan antara pengetahuan dan keyakinan. Ada pendapat yang mengatakan keyakinan harus diganti dengan pengetahuan. Keyakinan atau agama yang menafikan perkembangan pengetahuan berarti masuk ke dalam wilayah takhayul maka harus dihindari. Menurut konsepsi ini, fungsi pendidikan adalah untuk membuka jalan dan pengetahuan. Sekolah, sebagai organ yang luar biasa dari orang-orang yang terdidik harus mewujudkan tujuan eksklusif ini. Namun pengetahuan juga mempunyai banyak keterbatasan terutama dalam wilayah metodologi. Banyak pertanyaan-pertanyaan yang muncul seputar perdebatan ini. Apakah sains dan agama memang benar-benar berbeda dan apakah agama dapat digantikan oleh sains. Sebagaimana yang umum didefinisikan sains adalah pemikiran yang bertujuan menemukan hubungan regulasi diantara pengalaman-pengalaman sensual kita. Sedangkan agama dimaknai secara umum berisi tentang hubungan manusia dengan Tuhan yang dilandasi oleh nilai-nilai ajaran tertentu. Sains dan agama seharusnya dimaknai saling menunjang dan membutuhkan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Sains, Agama, Pendidikan
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > Islamic Studies
Divisions: Postgraduate Program
Depositing User: Library Umpo
Date Deposited: 04 Feb 2016 04:36
Last Modified: 16 Dec 2020 06:17
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/1741

Actions (login required)

View Item View Item