MODEL PEMBELAJARAN BAHASA ASING OLEH EKS-TENAGA KERJA INDONESIA KOREA DI LEMBAGA PENDIDIKAN BAHASA KOREA SARANGHEO

Maghfiroh, Ana MODEL PEMBELAJARAN BAHASA ASING OLEH EKS-TENAGA KERJA INDONESIA KOREA DI LEMBAGA PENDIDIKAN BAHASA KOREA SARANGHEO. Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran. ISSN 2303-3800

[img]
Preview
Text
jurnal 1.pdf

Download (257kB) | Preview

Abstract

Peluang bekerja di luar negeri yang cukup luas, diiringi dengan penghasilan yang relatif tinggi selalu saja menarik minat masyarakat untuk mengambil kesempatan itu. Peningkatan jumlah calon tenaga kerja ini diiringi pula dengan berkembangnya lembaga-lembaga pendidikan yang menyiapkan calon tenaga kerja ini, terutama dari segi ketrampilan bahasa. Sarangheo sebagai salah satu lembaga pendidikan bahasa asing, khususnya bahasa Korea menjadi target dari penelitian ini, yaitu sebagai lembaga yang terus berkembang dan secara konsisten dapat bertahan ditengah menjamurnya lembaga-lembaga kursus bahasa lainnya di daerah Ponorogo. Maka, dari observasi diperoleh data bahwa ketertarikan calon tenaga kerja Indonesia untuk menempuh pendidikan di Sarangheo adalah lebih dikarenakan telah banyaknya lulusan Sarangheo yang berhasil bekerja di Korea. Dengan menerapkan model pembelajaran grammar translation method, audiolingual method, and direct method, Sarangheo mampu menghantarkan siswanya untuk dapat menguasai bahasa Korea dengan cepat, dan utamanya dapat mempersiapkan siswa untuk dapat mengikuti dan lolos dalam tes (EPS) atau tes khusus untuk bekerja di Korea.

Item Type: Article
Subjects: P Language and Literature > PE English
Divisions: Departement of Teacher Training and Education > Department of English
Depositing User: Library Umpo
Date Deposited: 28 Mar 2016 02:34
Last Modified: 28 Mar 2016 02:34
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/1770

Actions (login required)

View Item View Item