PENERAPAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN SETTING KOOPERATIF JIGSAW DITINJAU DARI MINAT SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII

YUNITA, ERNA (2016) PENERAPAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN SETTING KOOPERATIF JIGSAW DITINJAU DARI MINAT SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII. Skripsi thesis, UNIVERSITAS MUHAMMDIYAH PONOROGO.

[img]
Preview
Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (810kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (115kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (195kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (217kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (177kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (88kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://lib.umpo.ac.id

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh peserta didik yang mendapatkan hasil belajar yang rendah dipengaruhi oleh minat siswa serta pemilihan model pembelajaran yang kurang tepat, hal ini berdasarkan hasil wawancara dengan guru wali. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui : (1) pengaruh penggunaan model pembelajaran PBL dan PBL dengan setting Jigsaw terhadap hasil belajar. (2) pengaruh model pembelajaran PBL dan PBLdengan setting Jigsaw ditinjau dari minat siswa. (3) pengaruh minat siswa terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (Quasi eksperiment). Populasi yang digunakan adalah seluruh siswa kelas VIII SMP N 2 Puhpelem tahun ajaran 2015 yang terdiri dari 4 kelas yaitu kelas VIIIA,VIII B, VIIIC dan VIII D. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari dua kelas yaitu kelas VIII A yang dikenai model PBL setting Jigsaw dan VIII B yang dikenai model PBL.Teknik pengumpulan data dengan menggunakan dokumentasi, tes dan angket. Teknik analisis data digunakan uji t-test untuk rumusan masalah 1 dan 2, kemudian uji anava dua jalur sel tak sama untuk rumusan masalah 3. Uji lanjut anava digunakan uji komparasi ganda dengan metode scheffe. Dari hasil analisis data dengan taraf signifikan 5% diperoleh bahwa: (1) terdapat pengaruh antara model pembelajaran PBL dan PBL dengan setting Jigsaw terhadap hasil belajar - ttabel < thitung < ttabel yaitu - 2,00 < 2,27 > 2,00. Berdasarkan data yang diperoleh rata-rata hasil belajar kelas eksperimen 1 = 77,774 dan nilai rata-rata kelas eksperimen 2 = 70,194 maka model PBL dengan setting Jigsaw lebih baik dibandingkan dengan model PBL. (2) tidak ada pengaruh antara model pembelajaran PBL dan PBL dengan setting Jigsaw ditinjau dari minat siswa –ttabel < thitung < ttabel yaitu -2,00 < 1,74 < 2,00. (3) terdapat pengaruh minat terhadap hasil belajar serta ada perbedaan hasil belajar antara siswa yang mempunyai minat tinggi, sedang dan rendah. Hal ini dapat dilihat dari hasil uji anava diperoleh nilai Fb= 84,06 dan Ftabel= 3,16. Berdasarkan hasil dari uji komparasi ganda pada taraf signifikan 5% bahwa ada perbedaan hasil belajar antara siswa yang mempunyai minat tinggi dan siswa yang mempunyai minat sedang hal ini dapat dilihat dari I1 = I2 diperoleh nilai Fobs=69,88 dan Ftabel=3,16, ada perbedaan hasil belajar antara siswa yang mempunyai minat tinggi dan siswa yang mempunyai minat rendah hal ini dapat dilihat dari I1 = I3 diperoleh nilai Fobs=141,01 dan Ftabel=3,16 dan ada perbedaan hasil belajar antara siswa yang mempunyai minat sedang dan siswa yang mempunyai minat rendah hal ini dapat dilihat dari I2 = I3 diperoleh nilai Fobs=43,53 dan Ftabel=3,16.. Kata Kunci: Hasil Belajar Siswa, Minat Belajar Siswa Dan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dengan Setting Kooperati Jigsaw.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Departement of Teacher Training and Education > Department of Mathematics
Depositing User: Editor FKIP
Date Deposited: 30 Mar 2016 01:54
Last Modified: 30 Mar 2016 01:54
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/1782

Actions (login required)

View Item View Item