PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS VIII MTs. DAAR AL-HIKMAH

YULIANTI, EKA (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS VIII MTs. DAAR AL-HIKMAH. Skripsi thesis, UNIVERSITAS MUHAMMDIYAH PONOROGO.

[img]
Preview
Text
1_HALAMAN DEPAN.pdf

Download (465kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_BAB I.pdf

Download (173kB) | Preview
[img] Text
3_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (374kB)
[img] Text
4_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (338kB)
[img] Text
5_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
6_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (94kB)
[img]
Preview
Text
7_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8_LAMPIRAN.pdf

Download (10MB) | Preview
Official URL: http://lib.umpo.ac.id

Abstract

Kata Kunci: Komunikasi Matematis, Think Pair Share Penelitian ini dilatar belakangi oleh temuan bahwa komunikasi matematis memegang peranan penting bagi siswa pada saat proses pembelajaran berlangsung. Dimana ketika seorang siswa memiliki komunikasi matematis yang baik, maka siswa tersebut mampu menyampaikan ide-ide yang dimilikinya dalam menyelesaikan suatu permasalahan matematika atau ia mampu memahami dengan baik penyelesaian mengenai masalah matematika yang telah ia peroleh. Komunikasi matematis perlu dikembangkan dengan tujuan melalui komunikasi matematis siswa dapat mengorganisasikan berpikir matematisnya baik secara lisan maupun tulisan. Di samping itu, siswa juga bisa memberikan respon yang tepat antar siswa dalam proses pembelajaran. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas karena bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share yang dapat meningkatkan keaktifan komunikasi matematis siswa kelas VIII-A MTs. Daar Al-Hikmah. Penelitian ini terdiri dari dua siklus penelitian dengan desain penelitian yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan selama siklus I keaktifan komunikasi matematis siswa untuk aspek 1 diperoleh sebesar 59.47%berada dalam kategori sedang, aspek 2 diperoleh sebesar 51.42% berada dalam kategori sedang dan aspek 3 diperoleh sebesar 61% berada dalam kategori tinggi. Sedangkan selama siklus II diperoleh keaktifan komunikasi matematis siswa untuk aspek 1 diperoleh sebesar 65%berada dalam kategori tinggi, aspek 2 diperoleh sebesar 60.5%% berada dalam kategori tinggi dan aspek 3 diperoleh sebesar 68% berada dalam kategori tinggi. Dalam penelitian ini diperoleh simpulan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran missouri mathematics project metode think pair share dapat meningkatkan keaktifan komunikasi matematis siswa kelas VIII-A MTs. Daar Al-Hikmah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Departement of Teacher Training and Education > Department of Mathematics
Depositing User: Editor FKIP
Date Deposited: 30 Mar 2016 02:07
Last Modified: 30 Mar 2016 02:07
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/1786

Actions (login required)

View Item View Item