ANALISIS KESALAHAN SISWA BERDASARKAN TAKSONOMI BLOOM DALAM MENGERJAKAN SOAL PADA MATERI LIMIT FUNGSI

WIBOWO, ARIK (2016) ANALISIS KESALAHAN SISWA BERDASARKAN TAKSONOMI BLOOM DALAM MENGERJAKAN SOAL PADA MATERI LIMIT FUNGSI. Skripsi thesis, UNIVERSITAS MUHAMMDIYAH PONOROGO.

[img]
Preview
Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (755kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (219kB) | Preview
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (452kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (436kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (999kB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (172kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (4MB) | Preview
Official URL: http://lib.umpo.ac.id

Abstract

Matematika biasanya dianggap sebagai pelajaran yang paling sulit oleh anak-anak maupun orang dewasa. Hal ini terlihat siswa tampaknya tidak tertarik dengan matematika, sehingga siswa sering melakukan kesalahan dalam mengerjakan soal-soal karena merasa kesulitan dalam mengerjakannya. Secara garis besar, faktor-faktor penyebab timbulnya kesulitan belajar terdiri dari dua macam yaitu: 1) Faktor intern siswa dan 2) Faktor ekstern siswa. Kesalahan yang dilakukan siswa perlu dianalisa lebih lanjut agar kita mendapatkan gambaran tentang kelemahan-kelemahan siswa. Untuk mempermudah mengklasifikasikan jenis–jenis kesalahan siswa dalam mengerjakan soal limit fungsi digunakan sebuah taksonomi Bloom. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui persentase tiap jenis kesalahan siswa dalam mengerjakan soal materi limit fungsi berdasarkan taksonomi Bloom dan mengetahui tingkat pengaruh faktor kesulitan terhadap kesalahan siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Penelitian ini dilakukan di SMAN 1 Badegan Ponorogo dengan subjek penelitian siswa kelas XI IPA 3. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik tes, teknik wawancara, dan teknik angket. Adapun pada analisis data mengacu pada model Miles dan Huberman yang meliputi reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Pengujian keabsahan data hasil penelitian dilakukan dengan uji kredibilitas, uji transferability, uji dependability, dan uji konfirmability. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan Persentase tiap jenis kesalahan siswa dalam mengerjakan soal limit fungsi berdasarkan taksonomi bloom adalah sebagai berikut: 1) Persentase jenis kesalahan (PP-C1) sebesar 10,71%. 2) Persentase jenis kesalahan (PP-C2) sebesar 17,86%. 3) Persentase jenis kesalahan (PP-C3) sebesar 39,29%. 4) Persentase jenis kesalahan (PP-C5) sebesar 21,43%. 5) Persentase jenis kesalahan (PP-C4) sebesar 28,57%. Adapun tingkat pengaruh faktor kesulitan terhadap kesalahan siswa dalam mengerjakan soal antara lain untuk faktor intern yang termasuk klasifikasi “sangat kuat pengaruhnya” terhadap kesalahan siswa indikator intelegensi dan yang termasuk klasifikasi “kuat pengaruhnya” meliputi indikator sikap, minat, dan motivasi. Sedangkan untuk faktor ekstern yang termasuk klasifikasi “kuat pengaruhnya” terhadap kesalahan siswa adalah indikator metode guru mengajar. Kata Kunci: Analisis Kesalahan, Taksonomi Bloom, Faktor Kesulitan, Limit Fungsi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Departement of Teacher Training and Education > Department of Mathematics
Depositing User: Editor FKIP
Date Deposited: 30 Mar 2016 02:10
Last Modified: 30 Mar 2016 02:10
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/1787

Actions (login required)

View Item View Item