IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIIC SMPN 1 JAMBON TAHUN AJARAN 2015/2016

JANNAH, MIFTAKHUL (2016) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIIC SMPN 1 JAMBON TAHUN AJARAN 2015/2016. Skripsi thesis, UNIVERSITAS MUHAMMDIYAH PONOROGO.

[img]
Preview
Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (854kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (160kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (392kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (358kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (338kB)
[img] Text
BAB V .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (136kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://lib.umpo.ac.id

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh suatu permasalah yang dihadapi kelas VIIC, yaitu masih rendahnya hasil belajar matematika siswa. Hal ini ditunjukkan oleh persentase ketuntasan hasil belajar siswa saat ulangan harian pada bab himpunan hanya mencapai ± 55%. Ini dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya pemahaman materi yang kurang karena siswa kurang aktif saat proses pembelajaran. Selain itu keaktifan siswa saat pembelajaran juga belum sepenuhnya dilibatkan oleh guru. Dari hasil observasi siswa yang aktif saat proses pembelajaran hanya mencapai ±40%. Sehingga materi yang diajarkan kepada siswa saat pembelajaran belum sepenuhya dipahami. Ini berakibat pada nilai rata-rata hasil belajar atematika siswa ≤75 (KKM). Tujuan dilaksanakan penelitian ini adalah (1) Untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIIC dengan mengimplentasikan model pembelajaran kooperatif Make A Match pada materi Garis dan Sudut di SMPN 1 Jambon tahun ajaran 2015/2016. (2) Untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa kelas VIIC dengan mengimplentasikan model pembelajaran kooperatif Make A Match pada materi Garis dan Sudut di SMPN 1 Jambon tahun ajaran 2015/2016. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilaksanakan dalan dua siklus. Setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Setiap siklus terdiri dari empat tahapan, yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap observasi dan tahap refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIIC SMPN 1 Jambon yang berjumlah 20 orang siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian berupa lembar observasi keaktifan siswa dan tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Ada peningkatan keaktifan belajar tiap siswa, hal ini di tunjukkan oleh persentase banyaknya siswa yang aktif pada siklus I sebesar 50% dan naik ada siklus II sehingga mencapai 90%. 2) Ada peningkatan hasil belajar siswa, hal ini ditunjukkan dengan persentase ketuntasan siswa pada siklus I sebesar 65% dan pada siklus II menjadi 80%. Rata- rata hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 71,15 dan pada siklus II naik menjadi 84,95. Berdasarkan analisis data hasil penelitian tersebut data disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif make a match dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas VIIC di SMPN 1 Jambon. Kata Kunci: Hasil belajar, Keaktifan, Pembelajaran Kooperatif Make A Match

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Departement of Teacher Training and Education > Department of Mathematics
Depositing User: Editor FKIP
Date Deposited: 30 Mar 2016 02:49
Last Modified: 30 Mar 2016 02:49
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/1793

Actions (login required)

View Item View Item