PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING ( SFAE) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA PADA MATERI PtLSV KELAS VIIB SMP N 3 SLAHUNG TAHUN AJARAN 2015 / 2016

EKI ARTANTI, HENIDA (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING ( SFAE) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA PADA MATERI PtLSV KELAS VIIB SMP N 3 SLAHUNG TAHUN AJARAN 2015 / 2016. Skripsi thesis, UNIVERSITAS MUHAMMDIYAH PONOROGO.

[img]
Preview
Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (47kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (65kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (162kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (369MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (115kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (927kB) | Preview
Official URL: http://lib.umpo.ac.id

Abstract

Kata kunci : Student Facilitator And Explaining, Motivasi, dan Pemahaman Konsep Matematika Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang dihadapi oleh siswa kelas VIIB SMP Negeri 3 Slahung yaitu rendahnya motivasi dan pemahaman konsep matematika siswa. Siswa masih merasa kesulitan dalam menentukan bentuk setara dan cara mengubah masalah sehari-hari ke dalam model matematika. Kebanyakan siswa cenderung tidak bersedia ketika diminta untuk mengerjakan soal di depan kelas dan menjelaskan kepada teman-temannya karena tidak percaya diri dengan kemampuan yang dimilikinya. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan model pembelajaran Student Facilitator And Explaining untuk meningkatkan motivasi belajar dan pemahaman konsep matemtika siswa kelas VIIB SMP Negeri 3 Slahung pada materi PtLSV tahun ajaran 2015/2016. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Student Facilitator And Explaining yang diharapkan dapat meningkatkan motivasi dan pemahaman konsep matematika siswa kelas VIIB SMP Negeri 3 Slahung. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan secara kolaboratif. Pelaksanaan dalam setiap siklus terdiri dari empat tahapan, yaitu: perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIIB SMP Negeri 3 Slahung yang berjumlah 24 siswa, terdiri atas 15 siswa laki-laki dan 9 siswa perempuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Student Facilitator And Explaining pada materi PtLSV VIIB SMP Negeri 3 Slahung tahun ajaran 2015/2016 dapat meningkatkan motivasi dan pemahaman konsep matematika siswa. Berikut hasil penelitian dengan menggunakan model pembelajaran Student Facilitator And Explaining: (1) Pada siklus I persentase motivasi belajar siswa yang mempunyai motivasi baik dan sangat baik mencapai 61,9% dan pada siklus II meningkat menjadi 91,67%. Peningkatan ini terjadi karena pada siklus II dilakukan upaya perbaikan yaitu: (a) Guru mengubah anggota kelompok menjadi perempuan saja dan laki-laki saja agar siswa mau bertanggung jawab pada tugas yang diberikan guru, dan (b) Memberikan motivasi kepada siswa pada awal pembelajaran, ketika pembelajaran berlangsung dan pada akhir pembelajaran, serta memberi hadiah kepada siswa yang aktif dalam proses belajar mengajar dan siswa yang mendapat nilai yang bagus. (2) Sedangkan persentase pemahaman konsep matematika siswa yang mendapat nilai ≥70 pada siklus I mencapai 52,38% dan pada siklus II meningkat menjadi 83,33%. Ratarata nilai pemahaman konsep matematika pada siklus I mencapai 65,89 dan pada siklus II meningkat menjadi 75,52. Hal ini juga dikarenakan ada upaya perbaikan pada siklus II, yaitu: (a) guru memantau siswa untuk aktif dikelompoknya dalam menyelesaikan masalah yang disajikan dalam LKS, (b) Guru menekankan kepada siswa untuk menuliskan “diketahui” dan “ditanya” pada setiap soal cerita, dan (c) Guru lebih memperhatikan siswa dengan cara memberikan soal-soal latihan yang bervariasi untuk dikerjakan di rumah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Departement of Teacher Training and Education > Department of Mathematics
Depositing User: Editor FKIP
Date Deposited: 30 Mar 2016 03:20
Last Modified: 30 Mar 2016 03:20
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/1798

Actions (login required)

View Item View Item