PEMAHAMAN KONSEP BILANGAN BULAT BERDASARKAN GAYA BELAJAR SISWA KELAS VII C DI SMP NEGERI 3 KEC. SAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2015/2016

AYU KURNIA FITRI, DUWIE (2016) PEMAHAMAN KONSEP BILANGAN BULAT BERDASARKAN GAYA BELAJAR SISWA KELAS VII C DI SMP NEGERI 3 KEC. SAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Skripsi thesis, UNIVERSITAS MUHAMMDIYAH PONOROGO.

[img]
Preview
Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (691kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (211kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (379kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (396kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (113kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://lib.umpo.ac.id

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan pemahaman konsep berdasarkan gaya belajar siswa kelas VII C SMP Negeri 3 Kec. Sampung pada materi bilangan bulat tahun ajaran 2015/2016. Penelitian tentang pemahaman konsep ini penting karena salah satu tujuan utama pembelajaran matematika jenjang pendidikan sekolah dasar dan sekolah menengah pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) adalah agar siswa mampu memahami konsep matematika. Setiap siswa memiliki gaya belajar yang berbeda, oleh karena itu dengan penelitian ini diharapkan dapat meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa berdasarkan pengaruh gaya belajar pada proses pembelajaran, khususnya agar guru mampu menggabungkan gaya belajar kedalam pembelajarannya. Dengan kata lain guru dapat menyampaikan materi pembelajaran dengan gaya belajar yang berbeda-beda. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes pemahaman konsep dan kuesioner. Tes pemahaman konsep yang dibuat terdiri dari 12 butir soal yang mencakup 7 indikator pemahaman konsep, sedangkan kuisioner digunakan untuk mengetahui gaya belajar siswa. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII C SMP Negeri 3 Kec. Sampung dengan jumlah subjek 20 siswa yang terdiri dari 10 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan. Dari hasil penelitian didapat kesimpulan bahwa gaya belajar siswa kelas VII C SMP Negeri 3 Kec. Sampung didominasi oleh gaya belajar auditorial dengan presentase 45%. Sedangkan untuk gaya belajar visual dan kinestetik sama-sama 15%, sisanya gaya belajar campuran yaitu visual-kinestetik 15 %, visual- auditorial 5%, dan auditorial-kinestetik 5%. Selanjutnya hasil penelitian tes pemahaman konsep siswa menunjukkan : 1) siswa dengan gaya belajar visual memiliki pemahaman konsep yang kuat pada indikator 5 yaitu siswa mampu mengembangkan syarat perlu dan syarat cukup suatu konsep; 2) Pemahaman konsep siswa pada gaya belajar Auditorial menunjukkan pemahaman konsep siswa berada pada kategori kuat di indikator 2 yaitu siswa mampu mengklasifikasi bilangan bulat menurut sifat-sifat tertentu; dan 3) siswa dengan gaya belajar kinestetik menunjukkan mayoritas pemahaman konsep siswa cukup pada setiap indikator. Hal ini menunjukkan metode pembelajaran guru kelas VII C kurang mendukung untuk gaya belajar kinestetik. Kata Kunci: Gaya Belajar, Pemahaman Konsep.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Departement of Teacher Training and Education > Department of Mathematics
Depositing User: Editor FKIP
Date Deposited: 30 Mar 2016 05:32
Last Modified: 30 Mar 2016 05:32
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/1808

Actions (login required)

View Item View Item