LATIFAH, SITI (2016) PENGEMBANGAN PENILAIAN AUTENTIK DENGAN MENGGUNAKAN SOFTWARE DIGITAL REXCEL. Skripsi thesis, UNIVERSITAS MUHAMMDIYAH PONOROGO.
|
Text
HALAMAN DEPAN.pdf Download (3MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (351kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (490kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (441kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (365kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (194kB) | Preview |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (42MB) | Preview |
Abstract
Kata Kunci: Penilaian Autentik, Microsoft Excel, Rexcel , SoftwareDigital Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah aplikasi untuk mengolah dan mengelola penilaian autentik dengan Softwaredigital Rexcel yang berkualitas dalam pelaporan hasil belajar peserta didik menggunakan Microsoft Excel. Softwaredigital Rexcel merupakan suatu aplikasi yang memberikan informasi keaktifan peserta didik yang berupa laporan nilai serta informasi peserta didik yang terkomputerisasi. Softwaredigital Rexcel bekerja memasukan dan menyimpan data laporan nilai sehingga mempermudah mengetahui informasi yang akan disampaikan oleh pihak sekolah. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and development) dengan menggunakan model yang dikembangkan oleh Sugiono yang meliputi tahap potensi dan masalah, tahap pengumpulan data, tahap desain produk, tahap validasi desain, tahap revisi I, tahap ujicoba produk, tahap revisi II, tahap ujicoba pemakaian, tahap revisi terakhir, hasil akhir ini kemudian dikemas dalam bentuk CD, tahap produksi massal yaitu penggandaan CD Softwaredigital Rexcel . Adapun pengumpulan datanya menggunakan pedoman wawancara, lembar penilaian Softwaredigital Rexcel dan lembar respon teknik penilaian autentik menggunakan Softwaredigital Rexcel . Kualitas Softwaredigital Rexcel terhadap penilaian autentik secara keseluruhan berdasarkan akumulasi penilaian dari tiga aspek kriteria (aspek desain, aspek kualitas teknis dan aspek asesmen) adalah layak digunakan tanpa revisi dengan persentase skor 83% . Selain itu, skor hasil reaksi validator terhadap Softwaredigital Rexcel sebesar 84.4%, skor hasil reaksi wali kelas terhadap Softwaredigital Rexcel sebesar 82.48%, skor hasil reaksi pendidik terhadap Softwaredigital Rexcel sebesar 82.84% yang dapat disimpulkan bahwa hasil reaksi pendidik terhadap Softwaredigital Rexcel menunjukan hasil reaksi yang sangat positif. Jadi Softwaredigital Rexcel ini layak digunakan dalam mengolah dan mengelola penilaian autentik peserta didik.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Departement of Teacher Training and Education > Department of Mathematics |
Depositing User: | Editor FKIP |
Date Deposited: | 31 Mar 2016 02:46 |
Last Modified: | 31 Mar 2016 02:46 |
URI: | http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/1818 |
Actions (login required)
View Item |