DWI NURCAHYANTO, PUTUT (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GUIDED DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN MEDIA GEOGEBRAUNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VIIIA SMP NEGERI 3 SATU ATAP NGEBEL PADA MATERI GARIS SINGGUNG LINGKARAN TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Skripsi thesis, UNIVERSITAS MUHAMMDIYAH PONOROGO.
|
Text
HALAMAN DEPAN.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (238kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (495kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (607kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (836kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (319kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (340kB) | Preview |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (4MB) | Preview |
Abstract
Penelitianinibertujuanuntukmendeskripsikanpembelajaranmenggunakan model pembelajaran guided discovery learning berbantuan media GeoGebra yangdapatmeningkatkanmotivasi dan prestasibelajarsiswakelas VIII A SMP N 3 SatuAtap Ngebel.Latarbelakang dari penelitian ini adalah proses pembelajaran siswa yang membutuhkan suatu dorongan atau motivasi untuk melakukan kegiatan belajar, supaya mendapatkan prestasi yang memuaskan dan salah satu caranya dengan menggunakan model pembelajaran yang bervariasi dan dibantu dengan media yang menarik. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII A SMP N 3 SatuAtap Ngebel yang berjumlah 25 siswa, sedangkan objek penelitian adalah keseluruhan proses dan hasil pembelajaran matematika dengan penerapan pembelajaran menggunakan model guided discovery learning berbantuan media GeoGebra untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa kelas tersebut.Instrumen penelitian berupa peneliti, lembar observasi pembelajaran, lembar angket motivasi belajar siswa, dan soal tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data deskriptif kualitatif dan kuantitatif yang melalui tiga tahap, yaitu pemberian skor, analisis dan penyimpulan data. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase motivasi belajar siswa pada siklus 1 adalah 60,93%, siklus 2 adalah 70,04% dan pada sklus 3 mencapai 78,87% dengan kategori baik, kemudianpersentase prestasi belajar siswa pada siklus 1 adalah 64%, siklus 2 adalah 72%, dan pada siklus 3 mencapai 84%.Sehingga penelitian dengan menerapkan model pembelajaran guided discovery learning berbantuan media GeoGebra dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa. Kata Kunci: Motivasi, PrestasiBelajar, Model Guided Discovery learning, dan Media GeoGebra
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Departement of Teacher Training and Education > Department of Mathematics |
Depositing User: | Editor FKIP |
Date Deposited: | 31 Mar 2016 02:53 |
Last Modified: | 31 Mar 2016 02:53 |
URI: | http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/1820 |
Actions (login required)
View Item |