MAKNA LAMBANG – LAMBANG EMOTICON (Analisis Semiotika Lambang – Lambang Emoticon Di WhatsApp Messenger Dalam Kegiatan Chatting Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Ponorogo)

ABIDIN, YANUAR (2016) MAKNA LAMBANG – LAMBANG EMOTICON (Analisis Semiotika Lambang – Lambang Emoticon Di WhatsApp Messenger Dalam Kegiatan Chatting Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Ponorogo). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img]
Preview
Text
HALAMAN PEMBUKA.pdf

Download (840kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (762kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (291kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (250kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (240kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (498kB) | Preview
Official URL: http://library.umpo.ac.id

Abstract

Di era media internet sekarang ini, perkembangan media komunikasi sangatlah pesat. Salah satu contoh dari perkembangan tersebut adalah emoticon, yang sering digunakan dalam pengungkapan emosi dan informasi. Sayangnya penggunaan emoticon cenderung ngawur dan tidak sesuai dengan makna yang terkandung dari lambang emoticon tersebut, yang sering menimbulkan konflik. Berawal dari hal ini peneliti tertarik untuk menganalisa makna yang terkandung dalam lambang – lambang emoticon yang digunakan dalam chatting di WhatsApp Messenger. Sarana WhatsApp Messenger merupakan sarana pesan instan nomor satu di dunia dan mempunyai banyak bentuk lambang – lambang emoticon di dalamnya untuk diteliti. Peneliti menggunakan data korpus yang berupa dokumentasi percakapan / chatting di WhatsApp Messenger. Dokumentasi dilakukan dengan cara mengambil screenshoot dari sebuah chatting. Dalam chatting tersebut diharuskan ada lambang emoticon yang relevan dengan penelitian. Analisa data menggunakan analisis semiotika Charles Sanders Peirce dan analisis semiologis komunikasi Andrik Purwasito. Dari penelitian yang dilakukan ditemukan adanya perbedaan makna dalam lambang – lambang emoticon. Makna dari suatu emoticon dapat berbeda tergantung dari pesan yang menyertainya. Selain itu faktor eksternal seperti konteks sosial, beragama, budaya, dan sebagainya. Sebuah kelompok kecil mampu untuk membuat makna tersendiri dari suatu lambang emoticon, tergantung dari kesepakatan anggota dalam kelompok tersebut. Kata Kunci: Emoticon, Analisis Semiotika Charles Sanders Peirce, Analisis Semiologis Komunikasi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social Science and Political Science > Department of Communication Science
Depositing User: Editor FISIP
Date Deposited: 11 Apr 2016 03:05
Last Modified: 11 Apr 2016 03:05
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/1889

Actions (login required)

View Item View Item