SURYATI, SURYATI (2016) NILAI-NILAI PENDIDIKAN DALAM TRADISI MASYARAKAT ABOGE DI DESA CIKAKAK WANGON BANYUMAS DAN RELEVANSINYA BAGI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
|
Text
HALAMAN DEPAN.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (477kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (757kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (386kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (980kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (484kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (461kB) | Preview |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Akulturasi budaya Jawa dan agama Islam telah melahirkan pola keberagamaan masyarakat yang unik. Selama ini telah banyak pembahasan tentang penganut Aboge, namun belum sampai pada pembahasan tentang tradisi masyarakat Aboge dan nilai-nilai pendidikan yang terkandung di dalamnya serta relevansinya bagi pendidikan agama Islam. Masyarakat Aboge yang masih sangat mempertahankan nilai-nilai budaya Jawa ini banyak ditemukan di desa Cikakak Wangon Banyumas. Fenomena ini menarik penulis untuk melakukan penelitian dengan judul nilai-nilai pendidikan dalam tradisi masyarakat Aboge di desa Cikakak Wangon Banyumas dan relevansinya bagi pendidikan agama Islam. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tradisi-tradisi masyarakat Aboge dan nilai-nilai pendidikan yang terkandung dalam tradisi masyarakat Aboge di desa Cikakak Wangon Banyumas serta relevansinya bagi pendidikan agama Islam. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi yang positif bagi perkembangan pendidikan agama Islam di masa yang akan datang. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (Field Research) yang menggunakan paradigma penelitian kualitatif dengan pendekatan antropologi. Data diperoleh dari informan dengan wawancara menggunakan teknik snow ball. Sumber data primer pada penelitian ini adalah juru kunci pesanggrahan Kiai Mustholih dan masjid Saka Tunggal, sesepuh Aboge, tokoh masyarakat dan pemerintah desa. Data sekunder diperoleh dari dokumentasi, berupa catatan atau tulisan. Analisis dilakukan bersamaan dengan penyajian data berdasarkan metode deskriptif-analitik. Temuan penelitian adalah tradisi yang dilaksanakan oleh masyarakat Aboge di desa Cikakak Wangon Banyumas secara rutin setiap tahun yaitu: tradisi ganti jaro Rajab, sedekah bumi, bada mulud, hari raya (Idul fitri dan Idul Adha). Nilai-nilai pendidikan yang terkandung dalam tradisi masyarakat Aboge di desa Cikakak Wangon Banyumas meliputi: 1) Nilai pendidikan akidah/keimanan yaitu beriman kepada Allah Swt dengan cara menjalankan segala perintahnya dan menjauhi larangannya, 2) Nilai pendidikan syariat yaitu melaksanakan ajaran-ajaran Islam yang dibawa oleh Nabi Muhammad Saw, 3) Nilai pendidikan akhlak yaitu norma-norma terpuji yang sesuai dengan tuntunan agama Islam. Nilai-nilai pendidikan yang terkandung dalam tradisi masyarakat Aboge di desa Cikakak Wangon Banyumas yang relevan dengan pendidikan agama Islam diantaranya adalah: beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, gotong royong, ukhuwah Islamiyah, disiplin, toleransi dan saling berbagi. Kata kunci: Aboge Desa Cikakak, Nilai-Nilai Pendidikan, Pendidikan Agama Islam.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > Islamic Studies |
Divisions: | Postgraduate Program > Master of Islamic Sudies |
Depositing User: | Editor FAI |
Date Deposited: | 11 Apr 2016 04:22 |
Last Modified: | 11 Apr 2016 04:22 |
URI: | http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/1893 |
Actions (login required)
View Item |