Riyadi, Slamet (2016) PERANAN GURU DALAM MENANAMKAN AKHLAK KARIMAH DAN KECERDASAN EMOSIONAL SISWA (Studi di SMK Al-Inabah Bareng - Babadan - Ponorogo). Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
|
Text
a. HALAMAN DEPAN.pdf Download (807kB) | Preview |
|
|
Text
b. BAB I.pdf Download (565kB) | Preview |
|
Text
c. BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (284kB) |
||
Text
d. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (361kB) |
||
Text
e. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (140kB) |
||
|
Text
f. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (418kB) | Preview |
|
|
Text
g. LAMPIRAN.pdf Download (317kB) | Preview |
Abstract
Pendidikan adalah salah satu proses memanusiakan manusia. Upaya pendidikan untuk memberikan solusi perkembangan dan perubahan kemanusiaan secara dinamik berkaitan erat dengan sosok guru. Guru menjadi suri tauladan dalam bertindak, bersikap dan bertingkah laku. Beberapa guru di SMK Al-Inabah Bareng, Babadan, Ponorogo terkesan kurang memberikan porsi pendidikan dan keteladanan yang baik terhadap siswanya. Dan pola pembelajaran cenderung satu arah, tidak mau menerima kritikan murid. Akibat prilaku yang kurang baik tersebut maka munculah siswa yang cenderung pendiam, banyak tidur di kelas dan yang lebih membahayakan lagi apabila fenomena tersebut dapat menghambat perkembangan kecerdasan emosional peserta didik. Penelitian ini secara umum bertujuan untuk mengetahui tentang: 1). Bagaimanakah peranan guru dalam menanamkan akhlak karimah dan kecerdasan emosional siswa SMK Al-Inabah Bareng, Babadan, Ponorogo 2). Bagaimanakah model dalam menanamkan akhlak karimah dan kecerdasan emosional siswa SMK Al-Inabah Bareng, Babadan, Ponorogo. Teknik analisa data yang digunakan adalah diskriptif kualitatif yakni yang bersifat analisis verbal non angka, dimana dengan penelitian ini dihasilkan data deskriptif berupa kata-kata. Sedangkan teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah obsevasi, wawancara dan dokumentasi Hasil dari penelitian ini diperoleh suatu kesimpulan : bahwa di SMK Al-Inabah Bareng, Babadan, Ponorogo, Mengunakan pola pendidikan Pondok Pesantren Modern dan SMK Al-Inabah Bareng, Babadan, Ponorogo memberikan peran dalam meningkatkan kemandirian anak, dalam hal pendidikan, formal, pendidikan agama, dan akhlak. Model penanaman akhlakul-karimah dan kecerdasan emosional siswa di SMK Al-Inabah Bareng, Babadan, Ponorogo cukup baik, namun masih kurangnya keteladanan dari pihak guru karena, sebuah paradigma yang ada di lembaga pendidikan SMK Al-Inabah Bareng, Babadan, Ponorogo, bahwa tugas mendidik hanya dibebankan kepada guru agama. Jadi setiap proses pembelajaran di SMK Al-Inabah setiap guru harus menjadikan akhlak sebagai jiwa dari pendidikan (Islam), serta mampu mengembangkan soff skill dan hard skill secara seimbang. Guru harus menyadari bahwa peserta didik mempunyai dua belahan otak, yakni otak kanan dan otak kiri yang masing-masing harus di kembangkan secara seimbang. Jadilah guru yang professional dan bijaksana dalam bertindak, karena jabatan guru adalah amanah. Kata Kunci: Peranan Guru, Ahklak Karimah dan Kecerdasan Emosional
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > Islamic Studies |
Divisions: | Postgraduate Program > Master of Islamic Sudies |
Depositing User: | Editor FAI |
Date Deposited: | 12 Apr 2016 03:01 |
Last Modified: | 07 Sep 2023 06:44 |
URI: | http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/1897 |
Actions (login required)
View Item |