UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP DAN MATERI BILANGAN PECAHAN DENGAN BANTUAN ANIMASI KOMPUTER PADA KELAS VII SMP NEGERI 2 KECAMATAN SAMBIT PONOROGO

DEWI, FEBRY KURNIA (2014) UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP DAN MATERI BILANGAN PECAHAN DENGAN BANTUAN ANIMASI KOMPUTER PADA KELAS VII SMP NEGERI 2 KECAMATAN SAMBIT PONOROGO. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img] Text
Awal.docx

Download (911kB)
[img] Text
SKRIPSI FEBRY KURNIA DEWI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[img] Text
daftar pustaka.docx

Download (33kB)
Official URL: http://lib.umpo.ac.id

Abstract

Dewi, Febry Kurnia. 2013. Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Materi Bilangan Pecahan dengan Bantuan Animasi Komputer pada Kelas VII SMP Negeri 2 Kecamatan Sambit Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Ponorogo. Pembimbing: Dr. Julan Hernadi, M. Si. Kata Kunci: animasi komputer, pemahaman konsep, pemahaman materi, hasil belajar Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada peningkatan pemahaman materi bilangan pecahan dengan bantuan animasi komputer pada kelas VII SMP Negeri 2 Kecamatan Sambit Ponorogo dan untuk mengetahui bagaimana respon atau sikap siswa terhadap pembelajaran dengan menggunakan bantuan animasi komputer. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Eksperimen dilakukan untuk melihat peningkatan hasil belajar matematika setelah mendapat pembelajaran dengan bantuan animasi komputer pada materi pecahan. Pada pelaksanaan penelitian, kelas VII D mendapatkan dua kali pemberian animasi komputer sedangkan kelas VII C hanya mendapat satu kali pemberian animasi saja. Dengan masing-masing kelas terdiri dari 20 siswa. Hasil analisis berdasarkan hasil uji perbedaan rata-rata tersebut, terlihat bahwa nilai t hitung adalah 2,15, nilai ini lebih tinggi dari nilai t tabel yakni 0,03 sehingga H_0 ditolak. Ini berarti bahwa untuk taraf signifikansi 5% rata-rata hasil belajar kelas eksperimen VII D lebih tinggi daripada kelas kontrol VII C. Kesimpulannya bahwa secara signifikansi rata-rata nilai siswa kelas eksperimen VII D setelah mendapat pembelajaran matematika dengan pemberian animasi komputer lebih tinggi daripada rata-rata nilai siswa kelas kontrol VII C. Dapat disimpulkan pula berdasarkan hasil analisis angket siswa bahwa sikap siswa kedua kelas terhadap pembelajaran dengan menggunakan animasi komputer menunjukkan sikap positif yakni sebesar 4,35.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Departement of Teacher Training and Education > Department of Mathematics
Depositing User: Editor FKIP
Date Deposited: 10 Apr 2014 07:27
Last Modified: 10 Apr 2014 07:27
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/193

Actions (login required)

View Item View Item