PENGARUH REMEDIAL TEACHING TERHADAP PRESTASI BELAJAR AL QUR’AN HADITS SISWA MTs AL FATTAH TAHUNAN TEGALOMBO PACITAN TAHUN PELAJARAN 2013/2014

HARTINI, HARTINI (2014) PENGARUH REMEDIAL TEACHING TERHADAP PRESTASI BELAJAR AL QUR’AN HADITS SISWA MTs AL FATTAH TAHUNAN TEGALOMBO PACITAN TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img]
Preview
Text
Abstrak & BAB I.pdf

Download (758kB) | Preview
[img] Text
BAB I-V.pdf
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (848kB)
[img] Text
ANGKET.pdf
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (659kB)
Official URL: http://lib.umpo.ac.id

Abstract

Belajar tuntas sangat penting dalam mencapai hasil belajar yang baik. Akan tetapi terdapat berbagai variabel yang sangat mempengaruhi ketuntasan belajar. Salah satunya adalah pengajaran remedial. Penelitian ini bertujuan untuk mencari tahu sejauh mana pengajaran remedial teaching dapat mempengaruhi pencapaian ketuntasan belajar siswa. Penelitian dilakukan di MTs Al Fattah Tahunan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengajaran remedial memberikan pengaruh yang positif terhadap hasil belajar siswa dalam mencapai ketuntasan belajar. Setiap guru menyadari bahwa dalam proses belajar mengajar selalu ada siswanya yang mengalami kesulitan belajar sehingga siswa tidak mampu mencapai ketuntasan belajar. Kesadaran tersebut belum sepenuhnya ditindaklanjuti oleh guru untuk mengupayakan solusinya. Dalam pembahasan ini, diajukan salah satu bentuk bantuan yang dapat diberikan oleh guru untuk mencapai ketuntasan belajar yaitu memberikan kegiatan remedial teaching. Rumusan masalah yang diajukan: (1) Bagaimana pengaruh Remedial Teaching terhadap prestasi belajar Al Qur’an Hadits pada MTs Al Fattah Tahunan Tegalombo Pacitan? (2) berapa nilai rata-rata prestasi hasil belajar Al Qur’an Hadits siswa MTs Al Fattah Tahunan Tegalombo Pacitan? (3) Usaha-usaha apa yang ditempuh oleh Guru Mata Pelajaran Qur’an Hadits dalam mengatasi faktor yang menghambat pelaksanaan Remidial Teaching pada Mata Pelajaran Qur’an Hadits di MTs Al Fattah Tahunan Tegalombo Pacitan? Dalam rangka mengetahui permasalahan yang jelas penulis menggunakan metode observasi, interview, dokumentasi. Sedang dalam pengolahan data penulis menggunakan teknik deskriptif kuantitatif. Dari hasil analisis data dilapangan dapat diiterpretasikan bahwa antara pembelajaran remedial teaching dengan prestasi belajar Al Qur’an Hadits siswa MTs Al Fattah Tahunan Tegalombo Pacitan terhadap hubungan positif yang signifikan, dan korelasi tersebut adalah korelasi yang sedang atau cukup. Dengan demikian dalam hal ini dapat disimpulkan bahwa pembelajaran remedial teaching mempunyai pengaruh terhadap prestasi belajar Al Qur’an Hadits siswa. Kontribusi hubungan pembelajaran remedial teaching siswa MTs Al Fattah Tahunan Tegalombo Pacitan sebesar 23%. Faktor keterkaitan yang diberikan dalam kategori sedang dan masih terdapat 77% faktor-faktor lain yang memiliki keterkaitan dengan prestasi belajar Al Qur’an Hadits siswa MTs Al Fattah Tahunan Tegalombo Pacitan. Dari 77% faktor-faktor lain tersebut adalah pengaruh dalam keluarga, pengaruh lingkungan masyarakat, dan pengaruh sifat bawaan atau keturunan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > Islamic Studies
Divisions: Faculty of Islamic Studies > Department of Islamic Studies
Depositing User: Ayu Wulansari
Date Deposited: 11 Apr 2014 03:26
Last Modified: 11 Apr 2014 03:29
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/205

Actions (login required)

View Item View Item