PENERAPAN METODE CROSSWORD PUZZLE UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DENGAN MATERI ASMAUL HUSNA PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI KEMUNING IV KECAMATAN TEGALOMBO KABUPATEN PACITAN TAHUN PELAJARAN 2013/2014

NASI'AH, IIN (2014) PENERAPAN METODE CROSSWORD PUZZLE UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DENGAN MATERI ASMAUL HUSNA PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI KEMUNING IV KECAMATAN TEGALOMBO KABUPATEN PACITAN TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK & BAB I.pdf

Download (774kB) | Preview
[img] Text
BAB II-V.pdf
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (2MB)
Official URL: http://lib.umpo.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada peningkatan prestasi belajar Pendidikan Agama Islam setelah menggunakan metode Crossword Puzzle pada materi Asmaul Husna pada siswa kelas V di Sekolah Dasar Negeri Kemuning IV Kecamatan Tegalombo Kabupaten Pacitan Tahun Pelajaran 2013/2014. Dalam penelitian ini Peneliti ingin mengetahui Bagaimana Penerapan Pembelajaran Crossword Puzzle Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Peserta Didik Kelas V Sekolah Dasar Negeri Kemuning IV Kecamatan Tegalombo Kabupaten Pacitan Tahun Pelajaran 2013/2014, Bagaimana Hasil Belajar Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Peserta Didik Kelas V Sekolah Dasar Negeri Kemuning IV Kecamatan Tegalombo Kabupaten Pacitan Tahun Pelajaran 2013/2014 setelah menggunakan metode Crossword Puzzle, serta Apakah kendala Penerapan Pembelajaran Crossword Puzzle Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Peserta Didik Kelas V Sekolah Dasar Negeri Kemuning IV Kecamatan Tegalombo Kabupaten Pacitan Tahun Pelajaran 2013/2014. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Dalam pelaksanaanya, pembelajaran ini dibagi menjadi beberapa tahap yaitu: (1) tindakan awal, yaitu dengan memberikan pre test sebagai tes awal yang bertujuan untuk mengetahui data nilai siswa yang mengalami kesulitan belajar, (2) siklus pertama (tindakan I), yaitu melaksanakan pembelajaran dengan menggunakan metode Crossword Puzzle, dan siklus kedua (tindakan II) yaitu melaksanakan pembelajaran dengan menggunakan metode Crossword Puzzle yang disempurnakan dari kekurangan yang dialami pada siklus I, atau hasil refleksi dari siklus I. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran Pendidikan Agama Islam dengan materi Asma’ul Husna masih belum berhasil tuntas. Hal ini terbukti dengan hasil test siswa yang mencapai nilai minimal baik diatas 7 hanya 3 orang dari 18 siswa. Skor rata-rata yang diperoleh adalah 5,7. Sedangkan pada siklus II hasil tes siswa sudah mencapai keberhasilan tuntas. Hal ini dibuktikan dengan peningkatan nilai ulangan pada siklus II yaitu jumlah siswa yang mencapai nilai minimal baik mencapai 94% atau ada 17 anak yang berhasil mendapat nilai tuntas skor penguasaan minimal. Skor rata-rata yang diperoleh adalah 7,5. Sehingga penggunaan metode Crossword Puzzle adalah salah satu cara metode pembelajaran yang tepat untuk mewujudkan pembelajaran yang menyenangkan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > Islamic Studies
Divisions: Faculty of Islamic Studies > Department of Islamic Studies
Depositing User: Editor FAI
Date Deposited: 11 Apr 2014 03:49
Last Modified: 11 Apr 2014 03:49
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/209

Actions (login required)

View Item View Item