PERBANDINGAN KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN SEBELUM DAN SESUDAH PERUSAHAAN MELAKUKAN AKUISISI ( PADA PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DI BEI TAHUN 2007)

Wijayanto, Aan (2014) PERBANDINGAN KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN SEBELUM DAN SESUDAH PERUSAHAAN MELAKUKAN AKUISISI ( PADA PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DI BEI TAHUN 2007). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img]
Preview
Text
hal Depan-bab 1 AAN .pdf

Download (548kB) | Preview
[img] Text
Bab 2-5 AAn .pdf
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (1MB)
Official URL: http://lib.umpo.ac.id

Abstract

RINGKASAN Era globalisasi perdagangan bebas Asean-China Free Trade Aggrement (ACFTA) menuntut perusahaan untuk selalu mengembangkan strategi perusahaan supaya dapat mempertahankan eksistensinya dan memperbaiki kinerjanya salah satunya dengan melakukan aksi korporasi akuisisi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan pada kinerja perusahaan sebelum dan sesudah akuisisi pada perusahaan yang melakukan aktivitas akuisisi.Kinerja perusahaan diukur dengan menggunakan rasio keuangan. Akuisisi merupakan fenomena yang dikenal dan berkembang tidak hanya diIndonesia, tapi diseluruh belahan dunia sejalan dengan perkembangan dunia bisnis. Tujuannya adalah untuk mengeksploitasi dan mencapai sinergi positif yang diharapkan, namun banyak akuisisi yang justru tidak menghasilkan keuntungan finansial seperti yang diharapkan atau diinginkan oleh perusahaan. Penelitian ini menggunakan seluruh perusahaan yang melakukan akuisisi periode tahun 2007. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode purposive sampling, sampel sebanyak 5 perusahaan dengan sesuai kriteria yang telah ditentukan, data rasio diperoleh dari Indonesian Capital Market Directory (ICMD). Analisis yang digunakan untuk menguji hipotesis penelitian ini adalah analisis kuantitatif dengan metode statistik inferensial dengan menggunakan uji Uji beda dua rata-rata sampel kecil Metode kuantitatif digunakan dalam penelitian ini mengambil data dari perusahaan publik yang telah melakukan akuisisi di Bursa Efek Indonesia (BEI) dan mengumumkan kegiatannya pada periode 2003-2011, dan dianalisis dengan menggunakan Uji beda dua rata-rata sampel kecil digunakan untuk menjawab hipotesis. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa studi dalam 6 rasio keuangan, NPM, ROI, ROE, EPS, TATO, CR dan Debt. Pada pengakuisisi tidak menunjukkan perbedaan yang signifikan dibandingkan sebelum dan sesudah akuisisi. Tapi perusahaan yang telah bergabung rasio ROI, EPS dan Debt Rasio terdapat perbedaan yang signifikan sebelum dan sesudah merger. Kata kunci : Merger dan akuisisi, Kinerja Keuangan, Uji beda dua rata-rata sampel kecil

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Economic > Department of Management
Depositing User: Admin FE
Date Deposited: 11 Apr 2014 04:01
Last Modified: 11 Apr 2014 04:01
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/210

Actions (login required)

View Item View Item