PENGARUH SANKSI BERJENJANG TERHADAP TINGKAT PRESTASI BELAJAR PKn KELAS X4 DI SMAN I BADEGAN TAHUN PELAJARAN 2012/2013

Santoso, Arief (2013) PENGARUH SANKSI BERJENJANG TERHADAP TINGKAT PRESTASI BELAJAR PKn KELAS X4 DI SMAN I BADEGAN TAHUN PELAJARAN 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img]
Preview
Text
jkptumpo-gdl-ariefsanto-436-1-abstrak,-o.pdf

Download (508kB) | Preview

Abstract

Sanksi berjenjang di bagi menjadi dua yaitu sanksi dan berjenjang. Sanksi adalah hukuman, tindakan paksaan atas pelanggaran ( Sofiyah Ramdhani, 2002: 493 ), sedangkan Berjenjang adalah berasal dari kata jenjang atau janjang yang artinya tangga atau tingkat. Jadi berjenjang adalah bertingkat tingkat. Dengan demikian sanksi berjenjang dapat diartikan hukuman, ganjaran yang bertingkat. Dalam penelitian ini sanksi yang diberikan adalah memberikan poin angka dari yang sedikit sampai yang berjumlah banyak sesuai pelanggaran yang di lakukan oleh siswa tersebut. Hasil observasi di lingkungan internal sekolah pelangaran terhadap berbagai aturan dan tata tertib sekolah masih sering ditemukan yang merentang pelanggaran dari tingkat ringan sampai pelanggaran tingkat tinggi seperti: mengabaikan pelanggaran tata tertib sekolah, khususnya tentang berpakaian dan berpenampilan, membolos pada pelajaran tertentu, ketahuan merokok di lingkuan sekolah, terlambat masuk sekolah, berpacaran disekolah yang cenderung agresif, di tempat terbuka, tanpa ada perasaan malu ataupun risih, geng siswa, atau kelompok siswa dengan tanpa identitas jelas, pertikaian antar siswa, perkelahian antar sekolah, dan tidak mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru. Subjek penelitian adalah siswa kelas X4 SMA Negeri 1 Badegan dengan jumlah siswa 34 dalam keseharian banyak siswa yang masih melanggar tata tertib sekolah seperti, tidak membuat tugas rumah yang diberikan oleh guru, terlambat sekolah, bermain handphone saat pelajaran berlangsung, berpakaian kurang rapi dan lain-lain. Tujuan penelitian ini adalah dengan adanya penerapan sanksi berjenjang dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran PKn khususnya siswa kelas X4 SMA Negeri 1 Badegan. Penerapan sanksi berjenjang dilakukan pada tahap penelitian dimulai dimana penelitian dilakukan saat siswa masuk sekolah sampai dengan pulang sekolah. Pemberian sanksi berjenjang tidak mempunyai pengaruh bagi siswa yang melanggar. hal ini dibuktikan dengan adanya siswa yang sering mendapatkan sanksi poin ternyata prestasi nilai belajar Pkn tetap memenuhi KKM dan rentangan nilai 75-84, bagi siswa yang disiplin selalu menaati aturan disekolah selalu mendapatkan nilai yang bagus dengan rentangan nilai sangat baik 90-95, dan baik 80-85

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Departement of Teacher Training and Education > Department of Civic Education
Depositing User: Editor FKIP
Date Deposited: 06 Sep 2016 06:46
Last Modified: 06 Sep 2016 06:46
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/2102

Actions (login required)

View Item View Item