Cahyono, Eko (2013) Pendidikan Karakter Siswa Sd/Mi Kabupaten Ponorogo Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
|
Text
jkptumpo-gdl-ekocahyono-421-1-abstrak,-8.pdf Download (401kB) | Preview |
Abstract
Untuk meningkatkan kualitas pendidikan karakter guru dituntut untuk selalu melakukan inovasi pembelajaran yang dilakukan di kelas maupun diluar jam pelajaran. Sehingga diharapkan terjadi perubahan karakter siswa sehingga siswa mempunyai perilaku yang baik. Dalam observasi yang peneliti lakukan di kelas V di SD Muhammadiyah Terpadu, MI MaÂ’arif Polorejo, Dan SDN 1 Polorejo Kabupaten Ponorogo proses pendidikan karakter yang berlangsung masih menggunakan ekstrakulikuler salah satu cara untuk meningkatkan pendidikan karakter. Berdasarkan kenyataan tersebut, perlu diterapkan pendidikan karakter yang dapat membuat situasi berbeda di dalam proses pembelajaran. Pendidikan karakter adalah segala sesuatu yang dilakukan guru, yang mampu mempengaruhi karakter peserta didik. Guru membantu membentuk watak peserta didik. Hal ini mencakup keteladanan bagaimana perilaku guru, cara guru berbicara atau menyampaikan materi, bagaimana guru bertoleransi, dan berbagai hal terkait lainnya. Dan pendidikan karakter sebagai sebuah usaha untuk mendidik anak-anak agar dapat mengambil suatu keputusan dengan bijak dan mempraktekkanya dalam kehidupan sehari-hari sehingga mereka dapat memberikan kontribusi kepada lingkunganya Penelitian yang dilakukan adalah penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Penelitian dilaksanakan pada bulan Mei 2012 di SD Muhammadiyah Terpadu, Pada tanggal 27 Maret-05 April 2013 di MI MaÂ’arif Polorejo, dan pada bulan April-Mei di SDN 1 Polorejo dengan subyek penelitian adalah siswa kelas IV. Pokok bahasan yang digunakan adalah pendidikan karakter di SD/MI kabupaten ponorogo. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan pendidikan karakter untuk mengetahui sejauh mana perilaku, moral anak dilingkungan sekolah maupun dilingkungan masyarakat. Berdasarkan hasil pengamatan perilaku siswa selama pembelajaran secara keseluruhan efektif. Hasil pengamatan perilaku siswa selama pembelajaran dan moral. Hal ini berarti bahwa pendidikan karakter dapat meningkatkan keaktifan siswa selama mengikuti proses pembelajaran dan dapat merubah perilaku setiap individu masing-masing.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Departement of Teacher Training and Education > Department of Civic Education |
Depositing User: | Editor FKIP |
Date Deposited: | 06 Sep 2016 06:52 |
Last Modified: | 06 Sep 2016 06:52 |
URI: | http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/2105 |
Actions (login required)
View Item |