Pendidikan Karakter Tingkat Taman Kanak-Kanak Di Kabupaten Ponorogo Tahun Ajaran 2012/2013

Humaida, Cici (2013) Pendidikan Karakter Tingkat Taman Kanak-Kanak Di Kabupaten Ponorogo Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img]
Preview
Text
jkptumpo-gdl-cicihumaid-420-1-abstrak,-7.pdf

Download (677kB) | Preview

Abstract

Untuk meningkatkan kualitas pendidikan karakter guru dituntut untuk memberikan keberhasilan dalam proses pembelajaran yang dilakukan di kelas. Sehingga diharapkan pendidikan karakter dapat merubahan karakter siswa agar siswa mempunyai perilaku yang baik. Dalam observasi yang peneliti lakukan di di TK Negeri Pembina Jenangan, TK Islam Ar-Rohman, Dan TK Bustanul Athfal Gontor Kabupaten Ponorogo proses pendidikan karakter yang berlangsung menggunakan pembelajaran dan pembiasaan-pembiasaan sejak dini salah satu cara untuk meningkatkan pendidikan karakter. Berdasarkan kenyataan tersebut, pendidikan karakter dapat dimaknai sebagai suatu perilaku. Pendidikan karakter adalah metode penanaman cara berfikir dan berperilaku yang menjadi ciri khas tiap individu untuk hidup dan bekerja sama. Hal ini mencakup keteladanan bagaimana perilaku guru, cara guru berbicara atau menyampaikan materi sebagai contoh bagi siswa. Dan pendidikan karakter sebagai sebuah usaha untuk menanamkan nilai-nilai karakter kepada siswa sejak usia dini. Penelitian yang dilakukan adalah penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Penelitian dilaksanakan pada tanggal 22 Juni 201 di TK Negeri Pembina Kec. Jenangan, Pada tanggal 20 Juni 2013 di TK Islam Ar-Rohman, dan pada tanggal 13 Juni 2012 di TK Bustanul Athfal Gontor, dengan subyek penelitian adalah siswa kelas TK A DAN B. Pokok bahasan yang digunakan adalah pendidikan karakter tingkat taman kanak-kanak di kabupaten ponorogo. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan pendidikan karakter untuk mengetahui sejauh mana moral anak pada saat ini. Berdasarkan hasil pengamatan perilaku siswa selama pembelajaran secara keseluruhan sudah cukup baik. Hal ini berarti bahwa pendidikan karakter dapat meningkatkan keaktifan siswa selama mengikuti proses pembelajaran dan dapat merubah perilaku siswa yang lebih baik

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Departement of Teacher Training and Education > Department of Civic Education
Depositing User: Editor FKIP
Date Deposited: 06 Sep 2016 06:57
Last Modified: 06 Sep 2016 06:57
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/2106

Actions (login required)

View Item View Item