Metode pembelajaran numberd heads together untuk meningkatkan keaktifan siswa dalam mata pelajaran pkn pada siswa kelas vii a mts muhamadiyah 2 yanggong kec. Jenangan pelajaran 2013/2014

Ichwan, Muchamad Farid (2013) Metode pembelajaran numberd heads together untuk meningkatkan keaktifan siswa dalam mata pelajaran pkn pada siswa kelas vii a mts muhamadiyah 2 yanggong kec. Jenangan pelajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img]
Preview
Text
jkptumpo-gdl-muchamadfa-419-1-abstrak,-6.pdf

Download (322kB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah dalam proses belajar mengajar di kelas VII A MTs Muhamadiyah 2 yanggong diperoleh gambaran bahwa guru kesulitan dalam memilih pendekatan pembelajaran yang dilaksanakan di dalam kelas, siswa merasa kurang bergairah, suasana kelas terasa tegang, tidak rileks dan kurang bermakna yang akirnya siswa kurang termotivasi dalam belajar yang mengakibatkan siswa berbicara sendiri, menaruh kepala di meja, bermain handphone. Tujuan Penelitian ini adalah untuk meningkatkan keaktifan siswa, dengan pemberian metode pembelajaran Numberd Heads Together bidang studi Pkn. Hasil belajar yang diharapkan juga bisa memperbaiki kebiasaan belajar yang baik mulai dari persiapan belajar, melakukan latihan, dan akirnya mampu menerapkan apa yang mereka terima. Metode penelitian ini, penelitian ini menerapkan penelitian tindakan kelas (action research), karena penelitian ini untuk memecahkan masalah pembelajaran di kelas, penelitian ini juga termasuk penelitian deskriptif, sebab menggambarkan bagai mana hasil yang diinginkan dapat dicapai. Tempat penelitian ini adalah di MTs Muhamadiyah 2 Yanggong, waktu penelitian ini adalah Juli-Agustus 2013, subyek penelitian ini adalah siswa siswi kelas VII A, pengembilan data aktifitas model Numberd Heads Together melalui observasi, dan wawancara analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan deskriptif komporatif. Untuk menganalisis tingkat keberhasilan siswa setelah proses belajar mengajar disetiap siklusnya dilakukan dengan cara memberikan evaluasi peneliti melakukan pemjumlahan rata-rata tes formatif. Dari hasil penelitian analisis dapat dikatakan bahwa tingkat aktifitas siswa mengalami perubahan dari siklus I, siklus II, Siklus III, adapun hubungan kondisi awal yang digunakan untuk menemukan permasalahan dilakukan solusi permasalahan dengan menggunakan metode Numberd Heads Together, siklus I mengalami kenaikan mendengarkan/ memperhatikan penjelasan guru dengan angka (6), membaca buku dengan kenaikan (7), Bekerja dengan sesama anggota kelompok mengalami kenaikan dengan angka (11), diskusi antar siswa antar siswa dengan guru dengan angka (13), sementara menanggapi pertanyaan atau ide mengalami penurunan dengan angka (-2) dikarenakan metode pembelajaran yang digunakan dalam pembelajaran Pkn. Berdasarkan analisis permasalahan siklus I maka diadakan perbaikan pada siklus II yang mengalami kenaikan, mendengarkan memperhatikan penjelasan guru dengan angka kenaikan (22), menbaca buku dengan angka kenaikan (13), bekerja dengan sesame anggota kelompok dengan angka (19), diskusi antar siswa antar siswa dengan guru dengan angka (27), menanggapi pertanyaan dengan angka kenaikan (16). Berdasarkan analisis permasalahan siklus II maka diadakan perbaikan pada siklus III, adapun kenaikan adalah mendengarkan atau memperhatikan penjelasan guru dengan angka kenaikan (46), membaca buku dengan angka kenaikan (40), bekerja dengan sesame anggota kelompok dengan angka kenaikan (10), diskusi antar siswa antar siswa dengan guru dengan angka kenaikan (22), menaggapi pertanyaan atau idea dengan angka kenaikan (46). Kesimpulan dari penelitian ini adalah Metode Pembelajaran Numberd Heads Together dapat membuat pelajaran Pkn menjadi menyenagkan, siswa merasa dirinya mendapat perhatian dan kesempatan untuk menyampaikan pendapat, metode Numberd Heads Together membuat siswa akan pentingnya membaca dan belajar bersama atau bekerja bersama dan dapat dilatih untuk mandiri dan bertanggung jawab. Metode Numberds Heads Together terbukti dapat meningkatkan keaktifan siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Departement of Teacher Training and Education > Department of Civic Education
Depositing User: Editor FKIP
Date Deposited: 06 Sep 2016 07:01
Last Modified: 06 Sep 2016 07:01
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/2107

Actions (login required)

View Item View Item