Efektivitas Penggunaan Metode Inquiri Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pkn Kelas Viii B Smpn 2 Satu Atap Jambon Kabupaten Ponorogo Tahun 2013-2014

Avrilianto, Dani Puput (2013) Efektivitas Penggunaan Metode Inquiri Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pkn Kelas Viii B Smpn 2 Satu Atap Jambon Kabupaten Ponorogo Tahun 2013-2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img]
Preview
Text
jkptumpo-gdl-danipuputa-413-1-cover.pdf

Download (608kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jkptumpo-gdl-danipuputa-413-2-daftarp-a.pdf

Download (88kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran PKn sebenarnya mempunyai peran sangat penting terhadap siswa dengan pelajaran PKn akan mampu membawa peserta didik untuk bisa memahami berbagai karakter yang harus ditanamkan pada generasi muda saat ini. Hasil observasi awal yang dilakukan di Siswa Kelas VIII B SMPN 2 Satu Atap Jambon Tahun Pelajaran 2013 / 2014 proses pembelajaran yang berlangsung masih menggunakan metode ceramah dan siswa masih terlihat pasif dalam mengikuti pelajaran. Berdasarkan kenyataan tersebut, perlu diterapkan pendekatan pembelajaran yang dapat membuat situasi berbeda di dalam proses pembelajaran, pembelajaran yang dimaksud yaitu Inquiri. Subjek penelitian adalah siswa kelas Kelas VIII B SMPN 2 Satu Atap Jambon dengan jumlah siswa 35 siswa. Pokok bahasan yang digunakan adalah Pancasila sebagai dasar Negara dan ideology negara, karena berdasarkan pengamatan peneliti siswa kurang memahami makna pancasila sebagai dasar Negara dan ideology negara. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan prestasi siswa dalam pelajaran PKn, mengetahui bagaimana sikap siswa terhadap pergaulan sehari-hari dan siswa dapat aktif dalam pembelajaran, mengetahui apakah siswa dapat mengungkapkan pendapat, mengetahui apakah siswa mempunyai wawasan yang luas tentang pelajaran PKn selama mengikuti pembelajaran dengan menggunakan Inquiri. Berdasarkan hasil pengamatan aktivitas belajar siswa baik motivasi belajar, aktivitas belajar kelompok mengalami peningkatan yaitu dari siklus I 65,3 dan siklus II 90 sedangkan observasi prestasi siswa juga mengalami peningkatan yaitu dari siklus I 60 dan siklus II 89,3 Serta hasil belajar siswa juga mangalami peningkatan yaitu dari siklus I 76,1 dan siklus 11 90 hal ini berarti bahwa pembelajaran menggunakan metode inquiri efektif dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VIII B SMPN 2 Satu Atap Jambon 2013-2014

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Departement of Teacher Training and Education > Department of Civic Education
Depositing User: Editor FKIP
Date Deposited: 07 Sep 2016 07:17
Last Modified: 07 Sep 2016 07:17
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/2129

Actions (login required)

View Item View Item