MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MATERI PANCASILA SEBAGAI DASAR NEGARA DAN IDEOLOGI NEGARA MELALUI PEMBELAJARAN DEBAT AKTIF MATA PELAJARAN PKN PADA SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 2 PONOROGO TAHUN PELAJARAN 2012 /2013

SANTOSO, ARIP (2013) MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MATERI PANCASILA SEBAGAI DASAR NEGARA DAN IDEOLOGI NEGARA MELALUI PEMBELAJARAN DEBAT AKTIF MATA PELAJARAN PKN PADA SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 2 PONOROGO TAHUN PELAJARAN 2012 /2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img]
Preview
Text
jkptumpo-gdl-aripsantos-348-1-abstract-1.pdf

Download (600kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran PKn sebenarnya mempunyai peran yang sangat penting terhadap siswa. Mata pelajaran PKn diharapkan akan mampu membentuk siswa ideal yang memiliki mental yang kuat, sehingga dapat mengatasi permasalahan yang akan dihadapi. Di kelas VIII SMP Muhammadiyah 2 Ponorogo selama ini motivasi siswa untuk belajar PKn masih sangat rendah yang dibuktikan dengan tingkah laku siswa yang tidak sesuai dengan kegiatan pembelajaran. Salah satu yang menjadi penyebab rendahnya motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PKn adalah strategi guru dalam menyampaikan pelajaran masih kurang tepat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1). Untuk mengetahui bagaimana motivasi belajar siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 2 Ponorogo Tahun Pelajaran 2012/2013. 2). Untuk mengetahui pelaksanaan metode pembelajaran Debat Aktif pada siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 2 Ponorogo Tahun Pelajaran 2012/2013. 3). Untuk mengetahui metode pembelajaran Debat Aktif dapat meningkatkan motivasi belajar PKn siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 2 Ponorogo Tahun Pelajaran 2012/2013. Metode penelitian yang digunakan adalah observasi, tes dan tindakan penelitian ini dilaksanakan di SMP Muhammadiyah 2 Ponorogo. Data motivasi diambil dengan menggunakan observasi dan angket dengan indikator-indikator motivasi dantaranya : Perhatian siswa, Disiplin, percaya diri dan penguasaan siswa terhadap materi pembelajaran. Tes digunakan untuk mengambil data hasil belajar siswa. Analisis data yang digunakan adalah analisis data deskriptif kualitatif. Dapat disimpulkan bahwa; Motivasi belajar PKn siswa SMP Muhammadiyah 2 Ponorogo kelas VIII pada Tahun Pelajaran 2012/2013 pada Prasiklus menunjukkan pada tingkatan motivasi yang rendah yang ditunjukkan dengan berbagai macam tingkah laku siswa yang menunjukkan kurangnya perhatian siswa dan motivasi siswa pada saat pelaksanaan pembelajaran sebelum menggunakan metode pembelajaran Debat Aktif. Setelah dilaksanakan PTK yang menggunakan metode pembelajaran Debat Aktif motivasi siswa mulai ada peningkatan di setiap siklus pembelajaran. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran Debat Aktif dapat meningkatkan motivasi belajar PKn siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 2 Ponorogo Tahun Pelajaran 2012/2013

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Departement of Teacher Training and Education > Department of Civic Education
Depositing User: Editor FKIP
Date Deposited: 07 Sep 2016 07:21
Last Modified: 07 Sep 2016 07:21
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/2131

Actions (login required)

View Item View Item