ARIANTO, YUDI (2011) PENGARUH PENGGUNAAN THROTTLE SWITCH SYSTEM PADA SEPEDA MOTOR HONDA SUPRA X 125 TERHADAP DAYA DAN KONSUMSI BAHAN BAKAR. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
|
Text
jkptumpo-gdl-yudiariant-177-1-abstrak-1.pdf Download (625kB) | Preview |
Abstract
eningkatan Engine Performance ( performa mesin ) adalah salah satu hal yang selalu saja menjadi bahan riset untuk mendapatkan hasil yang lebih sempurna. Saat ini proyek – proyek penelitian ( untuk peningkatan Engine Performance ) mengarah pada peningkatan efisiensi mesin, ekonomis, dan ramah lingkungan sehingga dapat menciptakan mesin yang memiliki tenaga yang besar dengan dimensi yang kecil dan hemat bahan bakar. Dalam proses pengapian salah satu hal yang perlu diperhatikan adalah perubahan waktu pengapian, sehingga bahan bakar dapat terbakar tepat pada waktunya. Honda Supra X 125 mengaplikasikan penambahan alat Throttle Switch System ( TSS ). Alat ini berfungsi untuk menetapkan derajat pengapian sesuai putaran mesin. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan dengan menggunakan sensor Throttle Switch System dan tanpa menggunakan sensor Throttle Switch System terhadap daya dan konsumsi bahan bakar pada sepeda motor Honda Supra X 125. Dalam penelitian ini, untuk memperoleh hasil data yang diperlukan maka peneliti menggunakan metode eksperimen. Eksperimen dilakukan pada beberapa kondisi putaran mesin ( 4000 rpm, 4500 rpm, 5000 rpm, 5500 rpm, 6000 rpm, 6500 rpm, 7000 rpm, 7500 rpm ). Pengujian dilakukan pada tiap – tiap putaran mesin baik yang menggunakan Throttle Switch System maupun tanpa menggunakan Throttle Switch System dilakukan sebanyak 3 ( tiga ) kali pengujian, yang bertujuan untuk mendekati kevalidan. Dari 3 ( tiga ) kali pengujian tersebut diambil data rata – rata. Setelah data diolah dan digambarkan dalam bentuk tabel dan grafik, dapat disimpulkan bahwa tanpa menggunakan sensor Throttle Switch System maka daya yang dihasilkan semakin besar dengan peningkatan rata – rata 2.56 %, tetapi juga diimbangi dengan pemakaian bahan bakar yang lebih boros dengan penambahan konsumsi bahan bakar rata – rata sebesar 8.329 %. Sehingga dapat dikatakan juga dengan menggunakan sensor Throttle Switch System, maka daya yang dihasilkan lebih kecil tetapi bahan bakar yang dibutuhkan semakin irit. Kata Kunci : Throttle Switch System, daya, dan konsumsi bahan bakar
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery |
Divisions: | Faculty of Engineering > Department of Machine Engineering |
Depositing User: | Editor FT |
Date Deposited: | 07 Sep 2016 07:32 |
Last Modified: | 07 Sep 2016 07:32 |
URI: | http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/2135 |
Actions (login required)
View Item |