PENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI METODE TALKING STICK PADA SISWA KELAS VIII MTs MAÂ’ARIF AL-FALAH BAOSAN LOR NGRAYUN TAHUN PELAJARAN 2011/2012

Rulik, r (2013) PENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI METODE TALKING STICK PADA SISWA KELAS VIII MTs MAÂ’ARIF AL-FALAH BAOSAN LOR NGRAYUN TAHUN PELAJARAN 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img]
Preview
Text
jkptumpo-gdl-rulik-164-1-abstrak-1.pdf

Download (864kB) | Preview

Abstract

Permasalahan yang menjadi rahasia umum di dunia pendidikan kita adalah hasil belajar matematika siswa yang relatif rendah. Rendahnya hasil belajar matematika disebabkan karena aktivitas dalam pembelajaran matematika masih sangat rendah. Siswa jarang sekali mengajukan pertanyaan walaupun guru telah memancing dengan pertanyaan-pertanyaan yang sekiranya siswa belum jelas. Kurangnya aktivitas siswa di dalam kelas karena penggunaan metode mengajar yang tidak sesuai atau kurang tepat sehingga siswa tidak dapat dengan mudah memahami dan menguasai materi yang disampaikan. Agar kegiatan belajar mengajar berlangsung secara efektif, kreatif, aktif dan menyenangkan maka guru harus pandai dalam memilih metode pembelajaran yang sesuai dengan materi yang akan diajarkan. Keberhasilan siswa akan banyak bergantung kepada metode yang digunakan oleh guru. Guru juga diharapkan mampu membangkitkan aktivitas belajar siswa serta mampu membuat siswa lebih memahami materi yang disampaikan. Salah satu metode pembelajaran yang dapat membuat siswa lebih aktif adalah metode pembelajaran talking stick. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah (a)Bagaimanakah aktivitas siswa kelas VIII di MTs MaÂ’arif Al-Falah Baosan Lor Ngrayun tahun pelajaran 2011/2012 terhadap metode pembelajaran Talking Stick? (b) Apakah metode pembelajaran Talking Stick dapat meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa kelas VIII di MTs MaÂ’arif Al-Falah Baosan Lor Ngrayun tahun pelajaran 2011/2012? (c) Bagaimanakah respon siswa kelas VIII di MTs MaÂ’arif Al-Falah Baosan Lor Ngrayun tahun pelajaran 2011/2012 terhadap matode pembelajaran Talking Stick? Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah (a) Untuk meningkatkan aktivitas siswa kelas VIII di MTs MaÂ’arif Al-Falah Baosan Lor Ngrayun tahun pelajaran 2011/2012 pada pembelajaran metode Talking Stick. (b) Untuk meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa kelas VIII di MTs MaÂ’arif Al-Falah Baosan Lor Ngrayun tahun pelajaran 2011/2012 melalui pembelajaran metode Talking Stick. (c) Untuk mengetahui respon siswa kelas VIII di MTs MaÂ’arif Al-Falah Baosan Lor Ngrayun tahun pelajaran 2011/2012 terhadap

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Departement of Teacher Training and Education > Department of Civic Education
Depositing User: Editor FKIP
Date Deposited: 07 Sep 2016 07:37
Last Modified: 07 Sep 2016 07:37
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/2137

Actions (login required)

View Item View Item