PENERAPAN PENDEKATAN TEMATIK METODE CERITA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DI KELAS II SDN NONGKODONO TAHUN PELAJARAN 2010/2011

Rosdiana, Eka (2011) PENERAPAN PENDEKATAN TEMATIK METODE CERITA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DI KELAS II SDN NONGKODONO TAHUN PELAJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img]
Preview
Text
jkptumpo-gdl-ekarosdian-163-1-abstrak-1.pdf

Download (494kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran matematika di sekolah tidak lepas dari berbagai permasalahan yang terdapat di dalamnya. Terlebih ketika kita berbicara pada tataran pendidikan dasar yang pada hakikatnya merupakan pondasi dari pembelajaran matematika di tingkat yang lebih tinggi, maka sudah jelas bukan tugas yang mudah bagi para guru. Pendekatan pembelajaran yang tidak sesuai cenderung menjadi pemicu ketidaknyamanan dalam proses pembelajaran. Hal ini terjadi karena tuntutan untuk mencapai target penguasaan materi. Sebagaimana yang terjadi di SDN Nongkodono khususnya kelas II tahun pelajaran 2010/2011, dimana ketidaknyamanan tersebut telah menyebabkan siswa menjadi tidak termotivasi untuk mengikuti proses pembelajaran, tidak fokus, pasif/ kurang respon, bingung, dan sebagainya yang pada akhirnya berdampak pada hasil belajar yang rendah. Maka dibutuhkan altrernatif pembelajaran dengan pendekatan tematik metode cerita gambar yang memadukan cerita bergambar dengan tema-tema yang telah familiar dengan kehidupan sehari-hari siswa yang didesain sedemikian rupa sesuai materi/ konsep yang ingin disampaikan. Sehingga siswa akan lebih mudah mencerna isi materi dengan media cerita bergambar tersebut dan konsep pun dapat dicerna dengan baik. Berdasarkan pertimbangan uraian di atas, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Bagaimana respon siswa kelas II SDN Nongkodono tahun pelajaran 2010/2011 dalam pembelajaran matematika dengan pendekatan tematik metode cerita gambar? Bagaimana keaktifan siswa kelas II SDN Nongkodono tahun pelajaran 2010/2011 dalam pembelajaran matematika dengan pendekatan tematik metode cerita gambar? Dan apakah dengan pendekatan tematik metode cerita gambar siswa kelas II SDN Nongkodono tahun pelajaran 2010/2011 dapat memahami konsep materi pelajaran matematika yang diberikan? Dari rumusan masalah di atas maka penelitian ini bertujuan sebagai berikut: untuk mengetahui respon siswa kelas II SDN Nongkodono tahun pelajaran 2010/2011 dalam pembelajaran matematika dengan pendekatan tematik metode cerita gambar; untuk mengetahui keaktifan siswa kelas II SDN Nongkodono tahun pelajaran 2010/2011 dalam pembelajaran matematika dengan pendekatan tematik metode cerita gambar; untuk mengetahui apakah ada peningkatan hasil belajar matematika siswa kelas II SDN Nongkodono tahun pelajaran 2010/2011 dalam pembelajaran matematika dengan pendekatan tematik metode cerita gambar. Dalam pembelajaran matematika dengan pendekatan tematik metode cerita gambar siswa diberikan sebuah cerita bergambar yang bertema binatang atau tumbuhan yang familiar dengan kehidupan sehari-hari siswa. Kemudian dari cerita tersebut diberikan panduan alur pemikiran konsep matematika yang ingin disampaikan (menyerupai penemuan terbimbing). Setelah konsep terekam dalam otak siswa, baru kemudian diberikan latihan-latihan soal untuk mempertajam penguasaan konsep tersebut. Dengan demikian secara tidak sadar siswa akan memahami konsep dengan sendirinya, meski kecepatan dalam memahami antara siswa satu dengan yang lainnya tidak sama namun pada akhirnya semua siswa akan mengikuti alur pemahaman konsep tersebut. Berdasarkan tes hasil belajar, ketuntasan klasikal pada siklus I mencapai 62,5% dan pada siklus II mencapai 87,5%. Hal ini membuktikan bahwa penerapan pendekatan tematik metode cerita gambar dapat meningkatkan hasil belajar matematika di kelas II SDN Nongkodono tahun pelajaran 2010/2011. Sedangkan hasil pengamatan aktivitas siswa dalam pembelajaran secara keseluruhan, siswa dikatakan belajar aktif dalam proses pembelajaran matematika dari kedua siklus tersebut. Sedangkan terkait respon siswa terhadap pembelajaran matematika dengan pendekatan tematik metode cerita gambar mencapai 89,58% yang artinya siswa sangat senang atau tertarik terhadap pelaksanaan pembelajaran matematika.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Departement of Teacher Training and Education > Department of Civic Education
Depositing User: Editor FKIP
Date Deposited: 07 Sep 2016 07:41
Last Modified: 07 Sep 2016 07:41
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/2139

Actions (login required)

View Item View Item