PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING UNTUK MENINGKATKAN EFEKTIFITAS BELAJAR SISWA KELAS VII MTs MA’ARIF MUNGGUNG PULUNG TAHUN PELAJARAN 2012/2013

Munawaroh, Yuyun (2013) PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING UNTUK MENINGKATKAN EFEKTIFITAS BELAJAR SISWA KELAS VII MTs MA’ARIF MUNGGUNG PULUNG TAHUN PELAJARAN 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img]
Preview
Text
jkptumpo-gdl-yuyunmunaw-435-1-abstrak,-h.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Permasalahan yang terjadi di kelas VII MTs MaÂ’arif Munggung Pulung adalah efektifitas belajar siswa masih rendah, dimana keaktifan siswa dalam pembelajaran sangat rendah, anak pasif dan tidak mau bertanya apabila menemui kesulitan belajar matematika. Selain itu siswa sering kesulitan apabila guru memberikan soal matematika secara individual. Kebanyakan yang mengalami kesulitan disini adalah mereka yang memiliki kemampuan rendah sedangkan yang memiliki kemampuan tinggi tetap bisa memahami materi. Hal ini mengakibatkan kurang efektifnya pembelajaran. Oleh karena itu untuk meningkatkan efektifitas belajar matematika menuju peningkatan mutu pendidikan diperlukan alternatif model pembelajaran. Salah satunya adalah Snowball Throwing. Pertama model ini mengkombinasikan keunggulan pembelajaran kooperatif dengan pembelajaran individual. Kedua Snowball Throwing disusun untuk memecahkan masalah belajar individual. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VII MTs MaÂ’arif Munggung Pulung dengan Snowball Throwing. 2) Untuk mengetahui bagaimana respon siswa terhadap pembelajaran Snowball Throwing. 3) Untuk mengetahui kemampuan guru dalam pengelolaan pembelajaran matematika dengan menggunakan Snowball Throwing. Jenis penelitian yang digunakan adalah PTK. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII MTs MaÂ’arif Munggung Pulung Tahun pelajaran 2012/2013, dengan jumlah siswa sebanyak 32 anak. Penelitian terdiri dari 2 siklus masing-masing siklus 2 kali pertemuan yang meliputi 4 tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Dari hasil tes belajar, diperoleh persentase hasil belajar siswa yang tuntas atau memenuhi KKM yang sudah ditetapkan (KKM = 70) pada siklus I mencapai 75% dan siklus II mencapai 90,63%, sedangkan nilai rata-ratanya pada siklus I mencapai 77,3 dan siklus II 81,09 berarti adanya kenaikan dalam persentase hasil belajar dari siklus I sampai siklus II. Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran matematika dengan strategi Snowball Throwing dapat meningkatkan hasil belajar matematika. Sedangkan dari hasil pengamatan aktivitas siswa dalam pembelajaran secara keseluruhan, siswa dikatakan aktif dalam proses pembelajaran matematika. Hasil pengamatan aktivitas guru dalam pengelolaan pembelajaran mendapat predikat baik. Adapun respon siswa terhadap pembelajaran matematika menggunakan model pembelajaran kooperatif Snowball Throwing adalah positif. Saran yang dapat diajukan bagi peneliti yang mau mengadakan penelitian, harus mampu mengorganisasikan waktu dengan baik karena model Snowball Throwing ini memerlukan waktu yang banyak. Dan bisa mencoba menerapkan pada materi yang lain karena Snowball Throwing dapat meningkatkan efektifitas belajar matematika siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Departement of Teacher Training and Education > Department of Civic Education
Depositing User: Editor FKIP
Date Deposited: 07 Sep 2016 07:46
Last Modified: 07 Sep 2016 07:46
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/2142

Actions (login required)

View Item View Item