UPAYA MENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MELALUI METODE PROBLEM SOLVING PADA SISWA KELAS VIIC SMP NEGERI 2 KECAMATAN BABADAN TAHUN PELAJARAN 2012/2013

Pinalosa, Erma (2012) UPAYA MENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MELALUI METODE PROBLEM SOLVING PADA SISWA KELAS VIIC SMP NEGERI 2 KECAMATAN BABADAN TAHUN PELAJARAN 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img]
Preview
Text
jkptumpo-gdl-ermapinalo-351-1-abstract-1.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Salah satu penyebab rendahnya prestasi belajar siswa kelas VII C SMP Negeri 2 Kecamatan Babadan Tahun Pelajaran 2012/2013 adalah terletak pada proses pembelajaran matematika yang masih sering ditemui adanya kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan lebih berorientasi pada guru, guru kurang mengaktifkan siswa dalam pembelajaran. Akibatnya siswa tidak terampil dalam menyelesaikan soal-soal latihan, kurang berlatih dalam mengembangkan ide-idenya, kurang berani mengungkapkan pendapatnya dan cenderung pasif. Dengan demikian prestasi belajarnya menjadi rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan prestasi belajar, aktivitas belajar matematika siswa dan mengetahui efektivitas pengelolaan pembelajaran yang dilakukan guru dalam pembelajaran menggunakan Metode Pembelajaran Pemecahan Masalah (Problem Solving) pada siswa kelas VII C SMP Negeri 2 Kec. Babadan tahun pelajaran 2012/2013. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subyek dalam penelitian adalah siswa kelas VII C SMP Negeri 2 Kecamatan Babadan tahun pelajaran 2012/2013. Sumber data berasal dari guru dan siswa. Teknik pengumpulan data adalah dengan observasi. Analisis data menggunakan teknik analisis statistik deskriptif. Prosedur penelitian terdiri dari tahap persiapan, pelaksnaan dan pelaporan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui metode pembelajaran Problem Solving pada siswa kelas VII C SMP Negeri 2 Kec. Babadan tahun pelajaran 2012/2013 dapat meningkatkan prestasi belajar siswa yaitu pada siklus I nilai rata-ratanya mencapai 65,8 dengan persentase siswa telah tuntas belajar mencapai 60% dan pada siklus II nilai rata-ratanya mencapai 76 dengan persentase siswa telah tuntas belajar mencapai 80%. Persentase aktivitas belajar siswa dengan menggunakan metode pembelajaran Problem Solving pada siklus I mencapai 52,81% dengan kriteria rendah sedangkan persentase aktivitas belajar siswa pada siklus II mencapai 75,78% dengan kriteria tinggi. Efektivitas kemampuan guru dalam pengelolaan pembelajaran dengan menggunakan metode pembelajaran Problem Solving yang dilihat dari nilai rata-rata pada siklus I mencapai 2,42 sedangkan pada siklus II nilai rata-rata mencapai 3,07. Berdasarkan tabel 3.7 Efektivitas kemampuan guru dalam pengelolaan pembelajaran pada siklus I dan siklus II mencapai kriteria baik. Untuk melaksanakan metode pembelajaran Problem Solving memerlukan persiapan yang cukup matang agar dalam melaksanakan penelitian proses pembelajaran berjalan dengan baik dan dapat memperoleh hasil yang dikehendaki

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Departement of Teacher Training and Education > Department of Civic Education
Depositing User: Editor FKIP
Date Deposited: 07 Sep 2016 07:55
Last Modified: 07 Sep 2016 07:55
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/2143

Actions (login required)

View Item View Item