PENERAPAN PENDEKATAN CTL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII A SMP NEGERI 2 KECAMATAN BABADAN TAHUN PELAJARAN 2012/2013

Prahastiwi, Rudina (2012) PENERAPAN PENDEKATAN CTL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII A SMP NEGERI 2 KECAMATAN BABADAN TAHUN PELAJARAN 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img]
Preview
Text
jkptumpo-gdl-rudinaprah-316-1-bab1&-k.pdf

Download (613kB) | Preview

Abstract

Siswa kelas VIII A SMP Negeri 2 Kecamatan Babadan kurang aktif dalam kegiatan pembelajaran matematika di kelas. Hal ini terlihat dalam kegiatan pembelajaran matematika, guru cenderung menyampaikan materi, sementara itu siswa mendengarkan dan menerima materi yang disampaikan guru. Jarang sekali ada siswa yang bertanya kepada guru walaupun mereka belum paham terhadap suatu materi dan mengungkapkan pendapat jika ditanya oleh guru. Dalam pembelajaran matematika, siswa seringkali terlihat jenuh/bosan. Hal ini kemungkinan disebabkan siswa belum bisa melihat makna atau fungsi dari materi yang sedang dipelajarinya dalam kehidupan sehari-hari. Prestasi belajar matematika siswa kelas VIII A di sini juga masih rendah. Upaya yang bisa dilakukan antara lain adalah menerapkan pendekatan pembelajaran yang kreatif dan inovatif, yang bisa meningkatkan aktivitas siswa dalam pembelajaran matematika sekaligus bisa membantu siswa melihat manfaat materi yang dipelajari dengan menghubungkannya dengan dunia nyata serta menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari, salah satunya adalah pendekatan CTL (Contextual Teaching and Learning). Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar matematika siswa, serta mengetahui kemampuan pengelolaan guru dalam pembelajaran dengan pendekatan CTL pada siswa kelas VIII C SMP Negeri 2 Kecamatan Babadan tahun pelajaran 2012/2013. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam beberapa siklus dan berakhir apabila siklus telah berhasil, di mana tiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII A SMP Negeri 2 Kecamatan Babadan yang berjumlah 24 siswa, yang terdiri dari 12 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Sumber data berasal dari guru dan siswa. Teknik pengumpulan data adalah dengan observasi dan tes. Prosedur penelitian terdiri dari tahap persiapan, pelaksanaan, dan pelaporan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendekatan CTL pada siswa kelas VIII A SMP Negeri 2 Kecamatan Babadan tahun pelajaran 2012/2013 dapat meningkatkan aktivitas belajar matematika siswa karena pada siklus 2 persentase aktivitas belajar siswa akhir sebesar 77,55% sudah mencapai kriteria tinggi, walaupun sebenarnya pada siklus 1 juga sudah mencapai kriteria tinggi (63,35%). Selanjutnya, penerapan pendekatan CTL pada siswa kelas VIII A SMP Negeri 2 Kecamatan Babadan tahun pelajaran 2012/2013 juga dapat meningkatkan prestasi belajar matematika siswa, karena pada siklus 2 diperoleh rata-rata tes akhir siklus sebesar 77,38 dan presentase banyaknya siswa yang tuntas belajar sebesar 76,19%. Kemampuan pengelolaan guru dalam pembelajaran pendekatan CTL pada siswa kelas VIII A SMP Negeri 2 Kecamatan Babadan tahun pelajaran 2012/2013 efektif, karena pada siklus 2 diperoleh rata-rata kemampuan pengelolaan guru sebesar 3,22 sudah mencapai kriteria baik. Hal –hal di atas sudah memenuhi indikator keberhasilan yang ditetapkan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Departement of Teacher Training and Education > Department of Mathematics
Depositing User: Editor FKIP
Date Deposited: 09 Sep 2016 06:24
Last Modified: 09 Sep 2016 06:24
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/2147

Actions (login required)

View Item View Item