PENGARUH PEMAHAMAN AGAMA ISLAM TERHADAP TINGKAH LAKU SISWA DI SDN 4 MRAYAN KECAMATAN NGRAYUN KABUPATEN PONOROGO TAHUN 2014

JEPRIANTO, JEPRIANTO (2014) PENGARUH PEMAHAMAN AGAMA ISLAM TERHADAP TINGKAH LAKU SISWA DI SDN 4 MRAYAN KECAMATAN NGRAYUN KABUPATEN PONOROGO TAHUN 2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK & BAB I.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB II - V.pdf
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (633kB)
[img] Text
Lampiran-lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (364kB)
Official URL: http://lib.umpo.ac.id

Abstract

Pemahaman agama Islam mempunyai peranan yang sangat penting dalam kehidupan manusia sebab agama merupaka nmotivasi hidup dan kehidupan serta merupakan alat pengembangan dan pengendalian diri. Oleh karenaitu, agama perlu diketahui, dipahami dan diamalkan oleh manusia agar dapat menjadi dasar kepribadian sehingga dapat menjadi manusia yang utuh. Agama juga mengatur hubungan manusia, hubungan manusia dengan keselarasan, keseimbangan dan keserasian dalam hidup manusia, baik sebagai pribadi maupun sebagai anggota masyarakat dalam mancapaikemajuanlahiriyah, dan kebahagiaan rohaniyah. Pelaksanaanpendidikan agama Islam dilembagapendidikantingkatdasar yang diselenggarakan di sekolah dasar mempunyai kedudukan yang sangat penting dalam meningkatkan pemahaman keagamaan siswa. Kemampuan dan pemahaman keagamaan siswa yang telah dicapai anak diharapkan dapat menjadi pedoman bagi siswa dalam bertindak atau bertingkahlaku untuk melakukan suatu perbuatan yang dapat dipertanggung jawabkan berdasarkan ajaran agamanya. Sehubungan dengan uraian tersebut penulis tertarik untuk mengkaji lebih jauh tentang : 1) Seberapa besar tingkat pemahaman agama Islam siswa kelas IV, V dan VI di SDN 4 Mrayan Kecamatan Ngrayun Kabupaten Ponorogo ? 2) Bagaimanakah tingkah laku siswa kelas IV,V dan VI di SDN 4 Mrayan Kecamatan Ngrayun Kabupaten Ponorogo? 3) Adakah pengaruh pemahaman agama Islam terhadap tingkah laku siswa kelas IV, V, VI di SDN 4 Mrayan Kecamatan Ngrayun Kabupaten Ponorogo? Untuk mengumpulkan penelitian, penulis membutuhkan instrument penelitian. Instrumen tersebut antara lain: 1) Metode Wawancara 2) Metodeangket 3) Metode dokumentasi. Hasil penelitian ini diperoleh melalui angket siswa, itu dimasukkan kedalam rumus korelasi produk moment yaitu: (∑▒〖XY-((∑▒X)(∑▒Y))/n〗)/√({∑▒〖X^2-〖(∑▒X)〗^2/n〗}{∑▒〖X^2-〖(∑▒Y)〗^2/n〗} ) Dari hasil pengolahan data dengan rumus tersebut di atas dimana nilai t di atas di bandingkan dengan harga kritis dalam table untuk taraf nyata tertentu 0,05 dengan derajat bebas n-2. Jadi diperoleh harga t table adalah 1,699. t hitung lebih besar dari t tabel 2,921 > 1,699. Artinya perbedaan tersebut berarti (menerima H1 atau menolak H0).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > Islamic Studies
Divisions: Faculty of Islamic Studies > Department of Islamic Studies
Depositing User: Ayu Wulansari
Date Deposited: 11 Apr 2014 06:10
Last Modified: 11 Apr 2014 06:10
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/215

Actions (login required)

View Item View Item