UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA MELALUI MODEL PROBLEM BASED INSTRUCTION (PBI) SISWA KELAS VII B SMP NEGERI 1 KECAMATAN BUNGKAL TAHUN PELAJARAN 2011/2012

Ruliyani, Yuli (2012) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA MELALUI MODEL PROBLEM BASED INSTRUCTION (PBI) SISWA KELAS VII B SMP NEGERI 1 KECAMATAN BUNGKAL TAHUN PELAJARAN 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img]
Preview
Text
jkptumpo-gdl-yuliruliya-160-1-abstrak-i.pdf

Download (875kB) | Preview

Abstract

Pemecahan masalah adalah suatu usaha mencari jalan keluar dari suatu kesulitan guna mencapai suatu tujuan yang tidak begitu segera dapat dicapai. Empat langkah proses pemecahan masalah matematika, yaitu memahami masalah, merencanakan pemecahan masalah, melaksanakan pemecahan masalah, dan memeriksa kembali. Menurut Pehkonen (1997) pemecahan masalah memiliki manfaat, yaitu: (1) mengembangkan keterampilan kognitif secara umum, (2) mendorong kreativitas, (3) pemecahan masalah merupakan bagian dari proses aplikasi matematika, dan (4) memotivasi siswa untuk belajar matematika. Kemampuan pemecahan masalah siswa kelas VII B SMP Negeri 1 Kecamatan Bungkal dinilai masih rendah hal ini terlihat dari kemampuan siswa dalam memahami masalah seperti informasi yang diketahui dan ditanyakan dalam suatu permasalahan masih kurang. Mereka juga masih kesulitan dalam merencanakan dan menentukan masalah serta langkah-langkah yang dibutuhkan untuk memecahkan masalah tersebut. Selain itu, mereka juga masih kesulitan dalam menyelesaiakan dan menginterpretasikan hasil. Oleh karena itu, diperlukan model pembelajaran yang mampu meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan aktivitas kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VII B SMP Negeri 1 Kecamatan Bungkal melalui pembelajaran model Problem Based Instruction (PBI) dan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VII B SMP Negeri 1 Kecamatan Bungkal melalui pembelajaran model Problem Based Instruction (PBI). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan secara kolaboratif antara guru dengan peneliti. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII B SMP Negeri 1 Kecamatan Bungkal yang berjumlah 32 siswa. Penelitian ini dilaksanakan 2 siklus, masing-masing siklus terdiri dari 2 pertemuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran dengan model Problem Based Instruction (PBI) dapat meningkatkan aktivitas kemampuan pemecahan masalah matematika dan kemampuan pemecahan masalah matematika pada siswa kelas VII B SMP Negeri 1 Kecamatan Bungkal. Hal ini ditandai dengan: (a) Adanya peningkatan aktivitas kemampuan pemecahan masalah matematika siswa setiap aspeknya meliputi bertanya kepada guru saat tidak mengerti materi yang disampaikan, berdiskusi memecahkan masalah yang ix diberikan, dan memecahkan masalah dari siklus 1 ke siklus 2. Persentase aktivitas kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada siklus 1 adalah 59,90% dengan kriteria cukup, kemudian meningkat menjadi 88,62% dengan kriteria sangat baik pada siklus 2. (b) Adanya kenaikan persentase rerata tiap indikatornya dari tes siklus 1 ke tes siklus 2, yaitu persentase rerata indikator kemampuan memahami masalah pada tes siklus 1 adalah 65,63%, kemudian meningkat menjadi 100,00% pada akhir tes siklus 2. Persentase rerata indikator kemampuan merencanakan penyelesaian masalah dari 59,52% pada tes siklus 1, kemudian meningkat menjadi 74,11% pada akhir tes siklus 2. Persentase rerata indikator menyelesaikan masalah pada tes siklus 1 adalah 59,16%, kemudian meningkat menjadi 79,09% pada akhir tes siklus 2. Persentase rerata indikator menginterpretasikan hasil dari 55,47% pada tes siklus 1, kemudian meningkat menjadi 83,33% pada tes siklus 2. Rata-rata persentase kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada tes siklus 1 yaitu 59,95% dan menunjukkan peningkatan pada tes siklus 2 menjadi 84,13% dengan kriteria tinggi sekali.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Departement of Teacher Training and Education > Department of Mathematics
Depositing User: Editor FKIP
Date Deposited: 13 Sep 2016 01:39
Last Modified: 13 Sep 2016 01:39
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/2151

Actions (login required)

View Item View Item