PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DAN AKTIVITAS SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN STRATEGI COLLEGE BALL (PERMAINAN BOLA GULING) PADA SISWA KELAS IV SDN TOSANAN KECAMATAN KAUMAN PONOROGO TAHUN PELAJARAN 2011/2012

Maharani, Wahyu Dwi (2012) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DAN AKTIVITAS SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN STRATEGI COLLEGE BALL (PERMAINAN BOLA GULING) PADA SISWA KELAS IV SDN TOSANAN KECAMATAN KAUMAN PONOROGO TAHUN PELAJARAN 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img]
Preview
Text
jkptumpo-gdl-wahyudwima-159-1-abstrak-1.pdf

Download (864kB) | Preview

Abstract

Salah satu penyebab rendahnya hasil belajar matematika siswa adalah siswa beranggapan bahwa pelajaran matematika merupakan pelajaran yang sulit, hal ini juga dialami oleh siswa kelas IV SDN Tosanan Kecamatan Kauman Ponorogo, mereka masih kurang dalam pemahaman materi penentuan KPK dan FPB karena awal mereka sudah mendoktrin kalau matematika suatu pelajaran yang sulit, akibatnya hasil belajar siswa rendah. Selain itu guru juga masih menggunakan cara tradisional dalam mengajar sehingga pembelajaran menjadi monoton dan terjadi kejenuhan karena proses pembelajaran berpusat pada guru dan kurang melibatkan siswa sehingga mengakibatkan kurangnya reson siswa terhadap pembelajaran. Dari permasalahan tersebut diperlukan suatu model pembelajaran yang menarik sehingga respon siswa terhadap pembelajaran menjadi baik dan hasil belajar juga meningkat. Salah satunya dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif dengan strategi college ball (permainan bola guling). Rumusan masalah dari penelitian ini adalah (a) Apakah penerapan Model pembelajaran Kooperatif dengan Strategi College Ball (Permainan Bola Guling) dalam penentuan KPK dan FPB dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN Tosanan Kecamatan Kauman Ponorogo tahun pelajaran 2011/2012? (b) Apakah penerapan Model pembelajaran Kooperatif dengan Strategi College Ball (Permainan Bola Guling) dalam penentuan KPK dan FPB dapat meningkatkan aktivitas siswa kelas IV SDN Tosanan Kecamatan Kauman Ponorogo tahun pelajaran 2011/2012? (c) Bagaimana respon siswa kelas IV SDN Tosanan Kecamatan Kauman Ponorogo tahun pelajaran 2011/2012 terhadap penerapan Model pembelajaran Kooperatif dengan Strategi College Ball (Permainan Bola Guling) dalam penentuan KPK dan FPB?. Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah (a) Untuk mengetahui apakah penerapan Model pembelajaran Kooperatif dengan Strategi College Ball (Permainan Bola Guling) dapat meningkatkan hasil belajar siswa Kelas IV SDN Tosanan Kecamatan Kauman Ponorogo tahun pelajaran 2011/2012. (b) Untuk mengetahui apakah penerapan Model pembelajaran Kooperatif dengan Strategi College Ball (Permainan Bola Guling) dapat meningkatkan aktivitas siswa Kelas IV SDN Tosanan Kecamatan Kauman Ponorogo tahun pelajaran 2011/2012. (c) Untuk mengetahui bagaimana respon siswa Kelas IV SDN Tosanan Kecamatan Kauman Ponorogo tahun pelajaran 2011/2012 terhadap pembelajaran matematika menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif dengan Strategi College Ball (Permainan Bola Guling). Jenis penelitian ini merupakan PTK (Penelitian Tindakan Kelas) yang dilakukan dalam 2 siklus yang terdiri dari perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, refleksi. Data yang diperoleh yaitu hasil tes, pengamatan aktivitas siswa, hasil respon siswa dan pengamatan pengelolaan KBM. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN Tosanan Kecamatan Kauman Ponorogo yang berjumlah 30 siswa, yang terdiri dari 15 siswa laki-laki dan 15 siswa perempuan. Dari hasil analisis data didapatkan bahwa (a) hasil belajar siswa mengalami peningkatan yaitu pada siklus I 66,67% dan pada siklus II 86,67% (b) aktivitas siswa dalam pembelajran juga mengalami peningkatan yaitu pada siklus I 70,66% dan pada siklus II 80,00% (c) Siswa memberikan respon positif terhadap pembelajaran yaitu pada siklus I 84,67% dan pada siklus II 85,33% (d) pengelolaan KBM masuk kategori sangat baik yaitu pada siklus I 83,33% dan pada siklus II 88,89%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Departement of Teacher Training and Education > Department of Mathematics
Depositing User: Editor FKIP
Date Deposited: 13 Sep 2016 01:44
Last Modified: 13 Sep 2016 01:44
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/2152

Actions (login required)

View Item View Item