PENINGKATAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI METODE GROUP INVESTIGATION SISWA KELAS V SDN 3 JAMBU KECAMATAN TUGU KABUPATEN TRENGGALEK TAHUN PELAJARAN 2011 - 2012

ASTUTIK, SRI (2013) PENINGKATAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI METODE GROUP INVESTIGATION SISWA KELAS V SDN 3 JAMBU KECAMATAN TUGU KABUPATEN TRENGGALEK TAHUN PELAJARAN 2011 - 2012. Skripsi thesis, universitas muhammadiyah ponorogo.

[img]
Preview
Text
jkptumpo-gdl-sriastutik-47-1-abstrak-1.pdf

Download (728kB) | Preview
Official URL: http://library.umpo.ac.id

Abstract

alam upaya peningkatan hasil belajar siswa, perlu adanya kelengkapan sarana dan prasarana dan metode pembelajaran yang tepat. Berdasarkan hasil ulangan middle semester ganjil kelas V SDN 3 Jambu Kecamatan Tugu Kabupaten Trenggalek Tahun Pelajaran 2011-2012 hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa, masih belum mencapai nilai Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM). Masalah tersebut diharapkan dapat teratasi dengan menggunakan metode pembelajaran Group Investigation. Oleh sebab itu pada penelitian ini, penulis menggunakan metode pembelajaran Group Investigation melalui Penelitian Tindakan Kelas (PTK) pada siswa kelas V SDN 3 Jambu Tahun Pelajaran 2011-2012 Kecamatan Tugu Kabupaten Trenggalek. Tujuan penelitian ini adalah untuk menerapkan metode pembelajaran Group Investigation pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam kelas V SDN 3 Jambu Tahun Pelajaran 2011-2012 Kecamatan Tugu Kabupaten Trenggalek, yaitu untuk meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam kelas V, untuk mengetahui kendala dan solusi penerapan metode pembelajaran Group Investigation pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas V SDN 3 Jambu Kecamatan Tugu Kabupaten Trenggalek. Metode yang dipakai dalam pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas adalah : metode observasi yang dilaksanakan setiap tindakan untuk mengetahui aktifitas guru siswa dalam pembelajaran,metode angket untuk mengetahui tanggapan siswa terhadap pembelajaran, metode dokumentasi untuk memperoleh data awal tentang hasil belajar dan metode tes untuk mengukur tingkat kemampuan belajar siswa. Dan juga metode wawancara untuk mengetahui rendahnya hasil belajar PAI. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas V, pada tindakan pertama siswa tuntas mencapai 50 %, tindakan kedua siswa tuntas mencapai 75 % (KKM : 65). Hasil tersebut menunjukan bahwa metode Group Investigation dapat membantu meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General)
Divisions: Faculty of Islamic Studies > Department of Islamic Studies
Depositing User: Editor FAI
Date Deposited: 14 Sep 2016 01:29
Last Modified: 14 Sep 2016 01:29
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/2156

Actions (login required)

View Item View Item